Ajak Masyarakat Memaknai Empat Pilar

9
ISTIMEWA SOSIALISASI. Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Hj Siti Mufattahah Psi menyosialisasikan Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara.

CIAWI – Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Hj Siti Mufattahah Psi mengajak masyarakat untuk bisa memaknai dan menjiwai Empat Pilar Kebangsaan. Dengan demikian bisa menjaga kerukunan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Empat Pilar Kebangsaan ini sangat penting dan perlu ditanamkan di seluruh kalangan, supaya benar-benar dapat menjadi prinsip bagi warga dalam bernegara,” ujarnya kepada Radar, Selasa (18/6).

Maka dari itu, kata dia, pihaknya terus intens menyosialisasikan empat pilar. Supaya benar-benar dipahami dan dimaknai masyarakat luas. “Salah satunya kita selenggarakan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini yang diselenggarakan di Gedung Pananjung Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (29/3) lalu. Alhamdulillah kesempatan tersebut kita bisa menyosialisasikan empat pilar terhadap masyarakat dari berbagai kalangan,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, kata dia, pihaknya menyisir kalangan ibu-ibu majelis taklim, tokoh masyarakat dan agama. Kemudian dilibatkan juga pemuda bahkan kader posyandu. Diharapkan pemahaman terkait empat pilar yang didapatkan dalam sosialisasi dapat ditularkan terhadap lingkungan masing-masing peserta. “Sehingga Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pokok yang tidak hanya harus diketahui warga negara. Namun bisa dituangkan ke dalam aktivitas sehari-hari,” tuturnya.

Menurutnya empat pilar harus dipahami sebagai ideologi bangsa. Maka, selaku warga negara diharapkan dapat mengamalkan segala bentuk hak dan kewajiban dalam bernegara sesuai empat pilar kebangsaan. “Jadi sebagai warga negara, bukan hanya dipahami tetapi dimaknai bahkan menjiwai adanya ideologi bangsa,” terang Siti.

Dalam sosialisasi tersebut, antusias peserta terlihat tinggi. Keaktifan dalam berkomunikasi dan diskusi tanya jawab terkait empat pilar sangat atraktif. “Kita ingin peserta yang datang pada kesempatan tersebut bisa membagikan pengalamannya dari sosialisasi ini terhadap sekitar,” harap dia. (igi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.