Aksioma MI Kota Tasik Digelar Mulai Hari Ini

Ajang Prestasi Siswa Madrasah

211
0
SIAP GELAR AKSIOMA. Arip Ripandi SPdI (kanan), Fadwa Siti Sakinah (tengah) dan Solihin SPdI (kiri) foto bersama usai Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV, Senin (4/2).
Loading...

TASIK – Ajang Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma) Madrasah Ibtidaiyah (MI) Kota Tasikmalaya digelar Hari ini (6/2)di Lapangan Kantor Kecamatan Bungursari Kota Tasikmalaya. Acara dihadiri keluarga besar lembaga madrasah se-Kota Tasikmalaya.

Ketua Panitia Aksioma MI Tingkat Kota Tasikmalaya Arip Ripandi SPdI menuturkan Aksioma menjadi wadah pengembangan prestasi dan potensi siswa madrasah. Ajang ini digelar serentak di semua jenjang mulai dari MI, MTs dan MA namun waktunya tidak bersamaan.

“Adapun pembukaan Aksioma MI , diisi dengan prosesi pembukaan dilanjutkan dengan karnaval pendidikan madrasah dengan tema Ayo Belajar di Madrasah. Karnaval diikuti oleh guru, siswa dan orang tua MI yang ada di Kecamatan Bungursari,” terang Arip saat Talk Show Bincang Radar di Studio Radar TV, Senin (4/2).

Lanjutnya, Aksioma MI digelar selama dua hari yakni Rabu-Kamis (6-7/2). Ada 8 mata lomba yang ditandingkan. 4 lomba kategori seni yaitu MTQ, MHQ, kaligrafi dan pidato bahasa Indonesia serta 4 lomba kategori olahraga yakni tenis meja, atletik, futsal dan badminton.

Arip menjelaskan, denah perlombaan Aksioma yakni panggung utama di MI Persis Gandok, lomba badminton digelar di Kelurahan Bungursari dan Cibuningeulis, atletik di Lapangan Dadaha, fustal di Aulia Futsal sedangkan tenis meja di MI Tarbiyatul Ummah.

Adapun lomba MHQ dan MTQ digelar di MI Pasir Angin, lomba kaligrafi dan pidato bahasa Indonesia digelar di panggung utama MI Persis Gandok Tasikmalaya. “Kami berharap semua peserta dapat memahami juklak dan juknis, sehingga tertanam sportivitas sejak dini,” katanya. Siswa yang menjadi juara, kata ia, akan menjadi perwakilan untuk Aksioma Tingkat Jawa Barat.

Kepala MI Nurul Falah Tasikmalaya Solihin SPdI menuturkan, sekolahnya menjadi salah satu peserta Aksioma. Pada ajang ini, ia mengirimkan 23 siswa untuk mengikuti 8 mata lomba olahraga dan seni.

Loading...

Menurutnya, melalui Aksioma ini sekolah memberikan peluang dan motivasi pada siswa untuk pengembangan bakat. Selain itu, sambungnya, Aksioma ini sebagai pembuktian bahwa madrasah menyimpan banyak potensi.

“Melalui Aksioma ini bisa melatih kemandirian serta keberanian untuk tampil. Siswa juga mendapatkan wawasan yang lebih luas,” ujar Solihin.

Ia mengatakan, MI Nurul Falah telah melakukan latihan jauh-jauh hari, sehingga semua siswa sudah siap untuk berkompetisi memberikan penampilan yang terbaik. “Targetnya tentu menjadi juara,” harapnya. Melalui Aksioma, sambungnya, ia berharap madrasah semakin dikenal, serta menjadi motivasi bagi guru dan siswa untuk mengembangkan potensinya.

Siswa MI Nurul Falah Fadwa Siti Sakinah mengatakan, ia siap untuk mengikuti lomba pidato. Persiapannya yakni latihan dan menghafal teks pidato dengan baik. Ia pun mempersiapkan mental agar lebih percaya diri. “Tantangan dalam lomba pidato ini yakni hafalan, ekspresi dan intonasi saat membawakan materi. Saya siap menampilkan yang terbaik,” ujar Fadwa. (ais)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.