Ajarkan Mahasiswa Prosesi Kurban

17
SERAHKAN. Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis H Dedi Supriadi SSos SKep Ners MM Kes secara simbolis menyerahkan daging sapi kepada perwakilan masyarakat lingkungan kampus Selasa (13/8) . IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Mahasiswa STIKes Muhammadiyah Ciamis (Mucis) dilibatkan dalam penyembelihan dan pengurusan serta pendistribusian hewan kurban kepada masyarakat. Pada Selasa (13/8) sekitar pukul 08.00, mereka mengurus daging kurban di halaman belakang STIKes Mucis.

Ketua STIKes Muhammadiyah Ciamis H Dedi Supriadi S.Sos SKep Ners MM.Kes menjelaskan tahun ini pihaknya menyembelih lima ekor sapi. Satu ekor sapi dibeli para mahasiswa. Mereka menabung dan menyisihkan uang jajan hingga bisa membeli sapi seharga Rp 17 juta. Sedangkan empat sapi dibeli karyawan dan dosen.

Tujuan pelibatan mahasiswa dalam penyembelihan dan pengurusan hewan kurban, kata Dedi, sebagai pembelajaran agar mahasiswa lebih tahu cara proses penyembelihan hingga tatacara pembagiannya dan pendistribusian daging. Daging kurban itu disalurkan kepada masyarakat lingkungan sekitar kampus.

“Meski pemberian kami tidak seberapa, namun tentunya kita juga ingin berbagi dan dirasakan oleh masyarakat sekitar,” tuturnya.

Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) STIKes Mucis Danu Wijaya sangat berterima kasih kepada pihak kampus yang melibatkan mahasiswa dalam kurban. “Selain kami bisa menimba ilmu kesehatan, namun punya ilmu juga tatacara penyembelihan hewan kurban,” ujarnya.

Makmur dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STIKes Mucis menjelaskan mahasiswa saking ingin berkurban, mereka menabung dari uang jajan. Sehingga bisa membeli hewan kurban sapi satu ekor seharga Rp 17 juta. “Satu kebanggaan bagi kami bisa berkurban dan berbagi kepada masyarakat lingkungan kampus,” ujarnya bangga. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.