Siapa Calon bupati Tasikmalaya pilihan anda?
17%

83%

Ajarkan Siswa Budaya Daerah, Pinton Anggon Tradisional Dihadiri Desy Ratnasari

39
0
ANTUSIAS. Ketua FGCPI Priangan Timur Hj Ida Ardhi (kanan) foto bersama peserta lomba Pasanggiri Jaipongan dari Sanggar Mayang Binangkit Indihiang di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya Kamis (10/10). FATKHUR RIZQI / RADAR TASIKMALAYA

TASIK – Forum Gerakan Cinta Produk Indonesia (FGCPI) Priangan Timur menggelar Pinton Anggon Tradisional di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya Rabu sampai Sabtu (9-12/10). Acara diisi berbagai lomba, pentas seni tradisional, seminar, wisata kuliner dan lainnya. Puncak acara akan dihadiri oleh artis Desy Ratnasari.

Ketua FGCPI Priangan Timur Hj Ida Ardhi mengatakan acara tersebut rutin digelar sejak lima tahun ke belakang yang bertepatan dengan peringatan Hari Batik Nasional. Kegiatan ini mengakomodir keterampilan siswa yang memiliki peran penting dalam melestarikan seni tradisonal.

Menurutnya, sangat penting generasi muda dalam mengenal budaya, kesenian dan kuliner tradisional. “Kami masih concern melestarikan warisan budaya leluhur, terutama di bidang kesenian, baju batik dan makanan tradisional,” katanya kepada Radar, Kamis (10/10).

Dengan kegiatan ini, bisa menumbuhkan kecintaan siswa terhadap warisan leluhur dalam cara berpakaian, berbudaya, kesenian, hingga kuliner tradisional. “Sebagai anak bangsa harus menumbuhkan nilai positif seni tradisional untuk mengantisipasi arus globalisasi yang dapat menggerus budaya bangsa kita,” ujarnya.

Ketua Pelaksana FGCPI Priangan Timur Alexs Alfriady menjelaskan kegiatan ini efektif membentuk karakter siswa agar lebih kreatif dan meningkatkan kecintaan terhadap budaya. Misalnya lomba seni tari Jaipong dari tingkat sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah atas (SMA). “Kami dari FGCPI semangat mengusung warisan leluhur bangsa,” katanya. Ketua Pelaksana Pasanggiri Tari Jaipong FGCPI Priangan Timur Osah Naris Haryadi mengatakan tema yang diusung dalam pasanggiri ini yakni Ngamumule Budaya Sunda Ti Kawit Murangkalih Usia Dini. Acara ini disambut antusias siswa, jumlah peserta mencapai 80 orang dari kategori SD kelas 1 dan kelas 3, kategori SD kelas 4 sampai kelas 6, kategori rampak SD, rampak umum dan tunggal umum.

Pengumuman pemenang akan dilakukan Hari ini (12/10) di puncak acara yang dihadiri Desy Ratnasari. (riz)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.