Ajukan Rp 40 Miliar untuk Porda

43
0

CIHIDEUNG – Kota Tasikmalaya yang dicanangkan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat 2022 belum memiliki sarana prasarana yang memadai. Pemkot mengajukan bantuan Rp 40 miliar kepada pemerintah pusat untuk kompetisi olahraga tersebut.

Sekretaris Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya Ahmad Suparman mengatakan Kota Tasikmalaya tidak mutlak sebagai tuan rumah. Pasalnya, secara teknis, pihaknya juga melibatkan daerah-daerah sekitar untuk pelaksanaan porda nanti. “Tapi pembukaannya memang di Kota Tasikmalaya,” terang dia kepada Radar, Jumat (22/2).

Dalam mempersiapkan pelaksanaan porda tersebut, pihaknya mengajukan dana sekitar Rp 40 miliar kepada pemerintah pusat.

Pasalnya, banyak sarana prasarana yang harus disediakan untuk keberlangsungan porda. “Fokusnya kita ke stadion, GOR Susi Susanti dan GOR Sukapura,” ujarnya.

Selain itu, untuk fasilitas cabang olahraga atletik pun perlu pengadaan alas sintetis. Rencananya akan diterapkan di dalam Stadion Wiradadaha. “Untuk yang sintetis ini biayanya cukup mahal,” katanya.

Disinggung ketika anggaran yang turun tidak sesuai dengan harapan, pihaknya mau tidak mau harus mencari sponsor. Selain itu anggaran pun akan digunakan seefektif mungkin. “Kita gunakan untuk hal-hal yang skala prioritas,” ujarnya.

Pemkot juga membenahi infrastruktur seperti halnya stadion. Sebagaimana diketahui kondisi tribun saat ini belum bisa dikatakan layak. “Tribunnya kan sekarang masih seperti itu, tapi anggarannya dari dana APBD,” ujar dia.

Salah seorang warga yang sering memanfaatkan kawasan Dadaha untuk berolahraga, Rizka (25) mengharapkan perhatian pemerintah terhadap Dadaha jangan hanya karena akan dilaksanakan kompetisi saja. Dadaha harus menjadi fasilitas olahraga yang dinikmati masyarakat. “Kebiasaan kan, kalau mau ada acara baru diperhatikan,” tuturnya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.