Membutuhkan 150 Ribu Orang

Akan Kirim 25 Tenaga Kerja ke Jepang

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

BUNGURSARI – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya menandatangani Letter of Intent (LoI) dengan perwakilan ISA Travel Nakanishi Kosan Co Ltd dari Jepang terkait kerja sama ketenagakerjaan, Rabu (11/7).

“Ini untuk menyatukan kesepahaman antara pemkot dengan pihak Osaka Jepang di bidang tenaga kerja dan pariwisata. Target kami ada 1.000 orang yang terbagi di 5 dinas untuk dikirim. Namun semuanya bertahap,” ujar Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman usai penandatanganan LoI.

Tahap awal, pihaknya menyiapkan 25 orang yang akan diseleksi dan diberi pelatihan Bahasa Jepang. Karena hal itu merupakan modal dasar untuk berkomunikasi di negeri Matahari Terbit tersebut.

Selain itu, mempersiapkan juga kemampuan di bidang profesi yang dibutuhkan negara itu. “Selain itu sektor perdagangan, industri dan pariwisata kita diminati oleh mereka (Jepang, Red). Di antaranya produk ekonomi kreatif payung geulis yang memiliki kesamaan dengan mereka. Bahkan di sana sudah hampir punah,” terangnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Tasikmalaya Hj Nunung Kartini mengatakan 25 orang calon tenaga kerja adalah tenaga kerja di bidang perhotelan yang akan berangkat ke Jepang. Saat ini dalam tahap LoI sebelum ditingkatkan ke tahap Memorandum of Understanding (MoU) lantaran harus menempuh rangkaian proses.

“Kebutuhan tenaga kerja di Jepang sekitar 150 ribu orang. Kita tidak bisa serta merta berangkatkan, karena tenaga kerjanya harus kompeten dan berkualitas,” ungkapnya. (igi)

loading...