Polres Banjar, TNI dan Pemkot Banjar Peringati HUT RI ke-73

AKBP Matrius: Merdeka Itu Bebas Namun Bertanggung Jawab

10

Kapolres Banjar AKBP Matrius menilai makna kemerdekaan itu bebas namun harus bertanggung jawab.

Bebas bukan dalam artian boleh melakukan apa saja tanpa mengindahkan norma dan aturan, namun bebas melakukan hal yang positif dan membangun sesutu yang memiliki asas bermanfaat bagi negeri.

“Merdeka itu bebas namun bertanggungjawab, merdeka itu sejahtera namun kerja sama, merdeka itu adil namun merata. Cukup gitu aja, iya kan?” ujar Kapolres Minggu (19/8).

Khusus masyarakat Kota Banjar, jelasnya, harus bisa memaknai kemerdekaan dengan bijak. Terlebih kemerdekaan didapat bukan dengan cara mudah. Banyak pahlawan bangsa yang gugur dalam menggapai cita-cita kemerdekaan.

Kemerdekaan diraih dengan pengorbanan jiwa dan raga. Kemerdekaan juga harus mewujudkan warga negara sejahtera dengan cara kerja sama dan gotong royong.

“Misalnya untuk menggambarkan kerja sama demi meraih kesejahteraan. Kami bersama tiga pilar yakni TNI, Polri dan Pemerintah Kota Banjar menggelar peringatan HUT RI dengan melakukan panjat pinang, filosofinya untuk mencapai puncak maka dibutuhkan kekompakan dan kerja sama. Begitu juga dengan bangsa Indonesia dengan ragam suku agama dan budayanya harus tetap kompak dan bekerja sama untuk meraih kesejahteraan bangsa,” katanya.

Peringatan HUT RI dengan tiga pilar belum lama ini, jelasnya, juga dalam rangka mengenang jasa dan pengorbanan para pahlawan yang sudah berjuang sampai titik darah penghabisan untuk merebut kemerdekaan.

“Filosofi dalam perlombaan tersebut salah satunya panjat pinang adalah bekerja bersama dan sama-sama bekerja, untuk saling menunjang sampai ke tujuan yang dituju,” katanya.

“Makna kegiatan itu harus kita wujudkan dalam kehidupan sehari-hari, saya berharap pelaksanaan kegiatan tersebut kita (tiga pilar) tetap bekerja sama dengan berbagai instansi dalam menjaga stabilitas keamanan serta terus memupuk semangat juang para pahlawan,” pesannya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.