Akhir Juni, Kibar Budaya 5 Bergelora

68
0
RAPAT. Pengurus DKKT menggelar rapat koordinasi membahas agenda pagelaran Kibar Budaya Jilid 5 di Jalan BKR, Kamis (30/5).  Firgiawan / Radar Tasikmalaya

TAWANG – Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) akan menyelenggarakan Kibar Budaya Jilid 5 pada 29 Juni 2019. Sejumlah rumpun seni bakal menampilkan kreativitas masing-masing hingga penghujung tahun.

Ketua DKKT Bode Riswandi menjelaskan, setiap rumpun seni bebas menampilkan beragam karyanya untuk menghibur apresiator. Apresiator pun tidak dipungut biaya untuk menonton pertunjukan-pertunjukan seni di Gedung Kesenian Kota Tasikmalaya (GKKT). ”Namun, ada beberapa agenda digelar di luar seperti pameran lukisan di hotel,” ucapnya usai rapat koordinasi di Rumah Makan Lemona Jalan BKR, Kamis (30/5).

Sejumlah pertunjukan seni budaya khas daerah dipadukan dengan nuansa modern bisa masyarakat nikmati. Mulai dari gending karesmen, pementasan dalang dan wayang, musik keroncong dikolaborasi dengan seni lain, dramatisasi puisi, fashion Tasik SLB, gelaran seni budaya etnis, pameran besar Tasik-Bandung dan pertunjukan lainnya. “Ada sekitar 11 pertunjukan yang nantinya akan meramaikan agenda Kibar Budaya,” ucapnya.

Pada Kibar Budaya tahun ini ada festival baca puisi tingkat nasional. Pesertanya merupakan master-master pembaca puisi se-Indonesia yang sudah melambungkan nama di berbagai tingkatan. “Jadi khusus peserta yang sudah menjuarai perlombaan di level mana pun. Kemudian ada juga fashion show yang akan diikuti anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka merancang kemudian menampilkannya di gelaran Kibar Budaya,” tutur dia.

Pembina DKKT H Undang Hendiana menyebut pentingnya komunikasi dengan media dalam memasarkan promosi Kibar Budaya. Dari tahun ke tahun sudah dikawal dengan baik dalam menyosialisasikan pagelaran yang rutin dilaksanakan di GKKT. “Kami selaku stakeholder dalam mendorong pengembangan seni budaya daerah,” ucapnya. (igi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.