Akhir Libur Panjang, Warga Serbu Tiket Kereta Rp1.000

167

TAWANG – Dipenghujung liburan panjang, Pilpres-Pileg 2019 dan libur wafat Isa Almasih, sekitar seribuan warga terpaksa rela antri untuk mendapatkan tiket kereta api menuju tempat kerjanya kembali.

Antrian panjang terjadi sejak pagi sekitar pukul 06 hingga sore, Minggu (21/04), di Stasiun Kereta Api Kota Tasikmalaya.

Selain untuk mendapat tiket dengan tujuan kembali ke tempat pekerjaan, juga banyak warga yang “berburu” tiket murah.

Keamanan Stasiun Kereta Api Kota Tasikmalaya, Yudistira mengatakan, warga yang mengantri untuk membeli tiket dimulai dari sejak tadi pagi.

“Pada hari ini (Minggu, 21/04) adalah puncak pembeli tiket paling banyak. Hingga ribuan orang. Sebelumnya hari Kamis, sehari pencoblosan, terjadi juga antrian panjang. Tapi, hari ini warga yang antri sangat banyak,” katanya.

Selain itu, kata Yudistira, kebetulan di bulan April 2019 sedang ada promo tiket, Rp1000/ tiket di tiga jalur kereta. Sedangkan untuk saat ini, pembelian tiket belum bisa secara online.

“Kereta pertama berangkat pukul 10.35 dari Tasik ke Kiaracondong. Kereta kedua berangkat pukul 14.43, rutenya dari Banjar-Tasik-Bandung dan Gambir. Sedangkan kereta ketiga pukul 17.14 rutenya Banjar – Tasikmalaya – Bandung. Untuk rute tersebut diberikan promo Rp1000 dan bisa dikolektifkan kepada satu orang untuk mendapatkan tiket empat penumpang, ” ujarnya.

Promo ini, kata Yudistira, berlangsung dari bulan Januari sampai dengan bulan April 2019. “Di nulan Januari hingga Maret diberikan promo Rp0, sedangkan pada bulan April diberikan promo Rp1000,” terangnya.

“Syarat untuk mendapatkan promo, harus mengambil formulir terlebih dahulu. Untuk bulan selanjutnya promo tersebut belum bisa memastikan. Apakah harga tiket kereta api kembali normal atau tidak,” tutur dia.

Di tempat sama, salah seorang calon penumpang kereta, Lucky Nurjana (18) mengatakan, sejak pukul 06.30, dirinya bersama lima temannya mengantri untuk mendapatkan tiket ke Bandung.

“Bukan hanya saya saja yang mengantri, ternyata banyak orang lain juga antre sejak pagi hari,” ungkapnya.

Penyebab panjangnya antrian, kata Lucky, karena banyaknya warga yang berniat kembali bekerja setelah pulang ke kampung, untuk melakukan pencoblosan dan libur panjang.

“Berangkat pake kereta ini kan lagi ada promo, Rp1000/ tiket. Ya lumayan lah meski harus antre hingga berjam jam,” katanya.

Lucky mengatakan, awalnya bersama temannya berangkat enam orang, tapi dua orang temannya lebih memilih menggunakan bus dengan alasan antrian panjang.

“Saya dan teman-teman antri lama-lama untuk mendapatkan tiket pukul 10.35 dan pukul 14.43. Tapi gak kebagian. Saya kebagian tiket kereta pukul 17.14 tujuan ke Bandung,” tandasnya. (anshari)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.