Akhir Tahun, Satgas Covid-19 Kota Tasik Tak Keluarkan Rekomendasi Kegiatan

96
0

KOTA TASIK – Pandemi Covid-19 di Kota Tasikmalaya yang masih terus mengalami kenaikan jumlah kasus terkonfirmasi positif, membuat Pemerinta Kota (Pemkot) Tasik kembali mengambil langkah strategis lainnya.

Setelah memberlakukan jam operasional usaha malam mulai hari ini tutup jam 20.00 WIB, Pemkot pun memutuskan mulai 20 Desember nanti atau hari Minggu, tak lagi mengeluarkan surat rekomendasi kegiatan.

Hal itu dibenarkan Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf.

Kata dia tujuan dari kebijakan tersebut adalah untuk menghentikan sementara kegiatan yang mengumpulkan orang.

“Kebijakan ini kita putuskan berdasarkan rapat evaluasi semalam (17/12) karena peningkatan kasus positif cukup tinggi maka kegiatan mengumpulkan orang atau ivent kegiatan pun kita putuskan dihentikan sementara,” ujarnya kepada radartasikmalaya.com, Jumat (18/12) siang.

Terang Yusuf yang ditemui usai menghadari Wali Kota Award Sadar Inflasi 2020 di Aula Bale Kota, sementara ini kegiatan-kegiatan yang mengundang orang banyak atau orang berkerumun ditiadakan serta dihentikan sementara.

“Kalaupun ada, nanti tim operasi Satgas yaitu Pak Kapolres dan Pak Dandim yang akan turun. Apalagi kalau tak ada rekomendasi kegiatannya. Maka akan dibubarkan paksa,” terangnya.

Yusuf menambahkan, penerapan kebijakan ini memang ada dilema juga. Yaitu bagi warganya yang akan menghelat pernikahan.

Karena sebelumnya tak dibatasi ketat jumlah tamu undangannya.

“Maka dengan kebijakan ini kita batasi hanya 30 orang saja. Jadi saya mohon tim operasi mengawasi ketat ya bahwa mereka harus mentaati protokol kesehatan. Kami khawatir nanti masyarakat kami menjadi korbannya dan kita harus hindari itu,” tambahnya.

Jadi, jelas Yusuf, pengetatan ini bukan karena aturan yang menghambat aktivitas masyarakat.

Justru kebijakan ini adalah karena pihaknya sayang terhadap masyarakat agar tak tertular Covid yang saat ini tengah melonjak penularannya di Kota Tasik.

“Kita ingin mencoba menghindari dan mengantisipasi penularannya. Kita coba sampai akhir Desember ini bisa landai lagi. Karena cukup tinggi daftar tunggu pasien positif yang belum masuk ruang isolasi karena rumah sakit kita sudah penuh,” jelasnya.

Sekadar diketahui, hingga Jumat (18/12) siang, total kasus positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya sejak awal pandemi berjumlah 1679 pasien.

Hari ini terjadi penambahan pasien positif Covid sebanyak 66 orang, 13 orang sembuh, dan 2 orang meninggal dunia.

(rezza rizaldi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.