Beranda Pangandaran Akibat Angin Kencang, 12 Rumah Hancur Di Pangandaran

Akibat Angin Kencang, 12 Rumah Hancur Di Pangandaran

146
BERBAGI
POTONG POHON TUMBANG. Relawan Tagana, AMS Rescue dan FKDM Pangandaran memotong pohon tumbang menimpa rumah warga kemarin. (Nana Suryana / radartasikmalaya.com)

PANGANDARAN – Angin kencang merusak 12 rumah di Desa Babakan Kecamatan Pangandaran Selasa (10/4) sekitar pukul 22.10. Tujuh di antaranya rusak tertimpa pohon tumbang.

Komar Heryadi, pengurus FK Kabupaten Pangandaran mengatakan pihaknya langsung mengerahkan tim rescue Tagana untuk melakukan evakuasi rumah yang terkena pohon tumbang.

Lokasi terdampak yakni di Dusun Kamurang RT 2 dan 3 RW 10 dan di Dusun Bojongkarekes RT 04/13 Desa Babakan Kecamatan Pangandaran.

“Kita bekerja sampai subuh dan berlanjut hingga sore hari dibantu masyarakat dan relawan dari AMS Rescue dan FKDM,” ujarnya kepada Radar, Rabu (11/4).

Menurut Komar, tercatat sebanyak empat rumah rusak berat tertimpa pohon. Penghuninya sempat dievakuasi ke rumah kerabatnya.

“Di daerah Babakan banyak sekali rumah yang dekat dengan pepohonan tinggi. Termasuk pohon kelapa. Sehingga beberapa kali kejadian rumah rusak tertimpa pohon,” ungkapnya.

Dia menyebutkan minimnya alat pemotong kayu mengakibatkan proses evakuasi terhambat. Selain merusak rumah warga, pohon tumbang juga terjadi di depan rumah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

“Pohon mahoni besar di halaman rumah Bu Susi roboh melintang ke jalan. Hampir satu jam kami menyingkirkan pohon tersebut,” ungkapnya.

Hendra (38), korban rumah tertimpa pohon mengatakan, angin kencang datang tiba-tiba disertai hujan deras.

“Saya juga kaget pohon kelapa di depan rumah langsung ambruk tepat di tengah-tengah rumah. Alhamdulillah saya dan keluarga selamat. Hanya atap rumahnya saja yang rusak parah,” ungkapnya. (nay)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.