Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.4%

20.4%

8.4%

66.9%

Akibat Longsor, Jalan Margalaksana Salawu Tasik yang Putus akan Digeser

100
0
GOTONG ROYONG. Berbagai unsur melakukan gotong royong membuka jalan alternatif di Desa Margalaksana Kecamatan Salawu, Rabu (8/7).

SALAWU – Jalan desa di Kampung Margasari Desa Margalaksana Kecamatan Salawu yang putus akibat longsor sulit untuk diperbaiki.

Akhirnya, solusinya ruas jalan akan digeser dan menghindari lokasi longsoran.

Baca juga : Warga Garut Maling HP di Indihiang Tasik, Diringkus Setelah Saling Pukul Pake Helm

Keputusan tersebut setelah peninjauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya yang juga turun untuk membuat jalan alternatif.

Anggota dari Koramil Salawu dan Polsek Salawu beserta masyarakat juga ikut bergotong royong membuat jalan setapak agar masyarakat dan kendaraan roda dua bisa melintasi jalan.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin mengatakan, pihaknya sudah meninjau langsung ke lokasi putusnya jalan desa akibat longsor di Salawu.

“Kami bersama TNI dan Polsek Salawu dan juga masyarakat, sementara membuat jalan setapak melingkar sebagai alternatif. Agar akses jalan menuju Kampung Cilampeneng bisa dilalui motor dan masyarakat,” ujar Nuraedidin kepada Radar, Rabu (8/7).

Lanjut dia, untuk solusi tanggap darurat selain dibuat jalan alternatif, BPBD sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan Permukiman (DPU-TRPP) untuk solusi jangka panjang.

“Jalan putus bekas longsoran akan dipindahkan trase jalannya ke lokasi yang lebih aman. Alhamdulillah masyarakat yang punya tanah di sekitar jalan tersebut memberikan tanahnya untuk dibuat jalan baru,” ungkap dia.

Baca juga : Driver Ojol Warga Cipedes Tasik, Kembalikan Uang Pelanggan Lewat Surat Diselipkan di Bawah Pintu Rumah

Kepala Desa Margalaksana Kecamatan Salawu Asep Ma’mun Rahmat mengungkapkan cara yang paling aman adalah memindahkan trase jalan ke lokasi atau tempat yang lebih aman.

“Kami bersama pemerintah kecamatan, sudah berkomunikasi dengan BPBD, untuk tanggap darurat bencana. Mudah-mudahan jalan bisa dilalui kembali agar masyarakat bisa beraktivitas normal,” ujar dia. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.