Akibat Retakan Tanah, 3 Dusun di Puspahiang Tasik Terisolir

279
1

KABUPATEN TASIK – Cuaca hujan deras hingga menyebabkan bencana alam kembali terjadi di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (2/1) pagi.

Kali ini, bencana alam itu adalah pergerakan tanah di Kecamatan Puspahiang, Kabupaten Tasikmalaya.

Hal ini dibenarkan Danramil 1222/salawu, Kapten Cba Lulus R. Kata dia, pergerakan tanah ini terjadi pukul 06.00 WIB. Tepatnya di Kampung Kubang, RT 05 RT 01, Desa Mandalasari.

“Pergerakan tanah ini akibat hujan deras dengan rincian matrial tanah sepanjang 80 meter Lebar 5 meter, tinggi 10 meter.
Titik lokasi pergeseran merupakan zona merah BPBD,” ujarnya kepada wartawan.

Meski demikian dalam kejadian ini tak ada korban jiwa. “Tapi mengancam 1 rumah warga dan salur air ke kampung tersebut terputus,” terangnya.

Selain itu, pergerakan tanah ini menyebabkan jalan desa juga terputus. “3 dusun terisolir (670 kepala keluarga). Yaitu Dusun Sagulung, Cikurantang, dan Karyamekar,” tambahnya.

Maka, pihaknya bekerjasama dengan relawan BPBD, kecamatan, Polsek, Kades dan masyarakat melaksanakan penanggulangan bencana dengan mengangkut material tanah supaya arus transportasi lancar.

“Lalu kami evakuasi warga ke tempat Aman. Kamk mengimbau agar warga lebih waspada lagi karena sekarang sudah mulai musim hujan,” jelasnya

(rezza rizaldi)

loading...

1 KOMENTAR

  1. Komentar: ikut prihatin melihat 3dusun terisolir. semoga saja segera ditindak lanjuti supaya jalan yang terputus bisa dilewati seperti biasa lagi..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.