Aksera Latih Percaya Diri Anak

10

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Pengurus Cabang Ikatan Guru Raudhatul Athfal (PC IGRA) Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya menggelar Ajang Kreasi Seni dan Olahraga Raudhatul Athfal (Aksera) di Ground Floor Plaza Asia Rabu (7/11). Acara ini diikuti oleh 669 anak yang berasal dari 12 RA yang ada di Kecamatan Tawang.

Ketua PC IGRA Kecamatan Tawang Wikeu Dwiyanti SPd menuturkan Aksera adalah agenda rutin setiap dua tahun sekali

Tujuannya untuk menggali potensi serta mendidik anak untuk belajar bersosialisasi dan silaturahmi. Hal tersebut sesuai dengan aspek perkembangan anak usia dini.

“Di antaranya aspek sosial, emosional, nilai agama dan moral. Begitu juga dengan pengembangan aspek koginitif anak, harapannya melalui Aksera ini potensi anak lebih tergali, anak pun lebih percaya diri untuk mengembangkan bakatnya,” terang Wikeu kepada Radar, Rabu (7/11). Lanjutnya, Aksera juga secara tidak langsung bertujuan untuk mengukur kemampuan anak dari hasil belajar yang dilakukan di sekolah.

Pengawas RA Wilayah Kecamatan Cihideung dan Tawang Dede Siti Jenab SAg MPdI mengatakan selain enam aspek pengambangan, Aksera ini untuk mencapai menggali potensi, kreativitas, minat dan bakat anak supaya betul-betul muncul dengan keberaniannya.

“Intinya melalui Aksera ini memfasilitasi anak untuk menyalurkan keceriaan serta kreativitasnya. Selain itu moment ini juga menjadi kesan tersendiri bagi anak. Harapannya output dari program pengembangan ini potensi anak bisa tergali sejak dini sehingga bisa dimaksimalkan,” ungkap Dede.

Ketua Pelaksana Kegiatan Dini Anggraeni SPdI menuturkan dalam Aksera ini ada beberapa mata lomba di antaranya lomba mewarnai dan kolase untuk kelompok A, lomba menggambar untuk kelompok B dan lomba Tahfizul Quran Juz ‘Amma yang diikuti oleh setiap perwakilan RA yang ada di Kecamatan Tawang.

“Jadi lomba yang dilaksanakan ini mewakili enam aspek pengembangan anak mulai dari nilai agama dan moral, fisik dan motorik, kognitif, sosial emosional, bahasa dan seni. Dengan demikian kreativitas anak makin tergali, motivasi anak untuk belajar juga makin meningkat,” tutur Dini.

Aksera juga menampilkan kreasi seni serta menghias donat. Sehingga Aksera ini betul-betul menjadi wahana untuk melatih anak percaya diri.

“Juara dalam acara ini disiapkan untuk mewakili Kecamatan Tawang pada Aksera Tingkat Kota Tasikmalaya,” ungkapnya. (ais)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.