Akses dan Sarana Situ Cicandu Masih Minim

330
0
Loading...

KARANGPAWITAN – Situ Cidahu di Desa Mekarsari Kecamatan Karangpawitan memiliki pemandangan alam yang indah. Keindahan danau ini tidak kalah dengan danau-danau lain. Keasrian serta kesejukannya menjadi salah satu ciri khas tempat wisata ini.

“Situ Cidahu ini merupakan sumber air bagi warga di daerah Cidahu dan sekitarnya,” ujar Juju Juariah kepada Rakyat Garut, Kamis (15/3).

Juju mengatakan air di sekitar situ biasa dimanfaatkan warga untuk memenuhi keperluan rumah tangga. Seperti mandi, mencuci, mengairi sawah-sawah, sampai berenang dan memancing ikan.

“Suasananya di sini sangatlah sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan, udara yang sejuk, pemandangannya yang indah bisa menenangkan pemikiran,” ungkapnya.

Warga lainnya Yudi Satria mengakui Situ Cidahu memiliki pemandangan yang cukup bagus. Sayangnya akses menuju tempat ini tidak seindah pemandangannya. Hanya bisa diakses oleh kendaraan roda dua. Untuk roda empat kurang memadai. “Jika menggunakan mobil maka harus turun di jalan raya dan harus menelusuri pemukiman penduduk, sawah, serta perkebunan,” katanya.

loading...

Sebagai lokasi wisata, sarana di sini juga masih minim. Hanya ada beberapa rakit dan tambak yang dikelola warga. “Jika objek wisata ini dikembangkan maka lama-kelamaan akan menghasilkan keuntungan juga untuk pendapatan pemerintah daerah setempat,” katanya. (obi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.