Aktualisasikan Perjuangan KH Zaenal Musthafa

81
TABUR BUNGA. Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto tabur bunga di makam pahlawan nasional KH Zaenal Musthafa, Senin (25/2).

SUKARAME – Bupati Tasikmalaya H Ade Sugianto, mengajak masyarakat untuk mengaktualisasikan perjuangan KH Zaenal Musthafa dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu terungkap saat Peringatan Perjuangan Pahlawan Nasional KH Zaenal Musthafa yang ke-75 dan Hari Jadi Pesantren Sukamanah ke-92, Senin (25/2).

Ade bersyukur bisa diberikan kesehatan untuk bisa menghadiri peringatan perjuangan KH Z Musthafa. Termasuk melakukan ziarah langsung ke makam pahlawan nasional ini, di Cimerah Kecamatan Sukarame.

“Alhamdulillah para santri di Pesantren Sukamanah dibangun bersama silaturahmi dan dibangun dengan senyum kebersamaan. Mari semangat dalam perjuangan as-syahid yang dicontohkan KH Zaenal Musthafa, itu dapat kita lanjutkan dan aktualisasikan,” ujarnya kepada Radar, kemarin.

Tempat yang sama, Pimpinan Pondok Pesantren KH Zaenal Musthafa Sukamanah KH Acep Tohir Fuad mengatakan, dalam peringatan ini mengangkat tema aktualisasi nilai-nilai perjuangan dan kepahlawanannya.

“Dalam memperkokoh persatuan dan ukhuwah, demi terjaganya kedaulatan bangsa dan keutuhan NKRI di Pondok Pesantren Sukamanah,” katanya.

Kata dia, yang harus diperkuat adalah jihad fi sabilillah. Dengan demikian, meninggikan dan mempopulerkan agama Allah. “Jadi pesantren yang ada di Indonesia harus mengangkat rasa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi,” ungkapnya.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menambahkan, KH Z Musthafa merupakan pahlawan nasional yang sangat berjasa terhadap bangsa dan negara. “Dulu pada masa membela NKRI sampai gugur dan puluhan santrinya pun ikut gugur,” ungkapnya.

Pengorbanan ini, kata dia, merupakan perjuangan yang mahal. Karena, tidak diraih dengan mudah. “Perjuangan yang diajarkan dari sosok pahlawan nasional KH Z Musthafa adalah menjaga persatuan umat,” ucapnya.

Yusuf Hazim, cucu KH Z Musthafa menambahkan nilai-nilai perjuangan yang dibawa itu mewariskan tauhid yang sangat kuat, yakni kekuatan dari Allah SWT.

“Sesungguhnya kekuatan itu milik Allah SWT. Itu yang menjadi kekuatan Sukamanah untuk Indonesia. Tauhid yang kuat yakni kekuatan Allah yang tidak pernah terkalahkan,” paparnya. (dik)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.