Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.4%

0.9%

60.8%

2.3%

0.2%

4.4%

19.6%

11.4%

0%

0.1%

0%

0%

Alhamdulilah.. Baznas Garut Sukses Kembangkan Balai Ternak

32
0
MENYERAHKAN. Ketua Baznas Pusat Prof Dr H Bambang Sudibyo MBA, CA menyerahkan SK Kemekumham ke kelompok Peternak Mekar Jaya Kamis (13/2). Penyerahan itu disaksikan Ketua Baznas Garut Rd H Aas Kosasih SAg, MSi (tiga dari kiri). soni tarsoni / rakyat garut

CISURUPAN – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Garut me-launching Koperasi Konsumen Peternak Mekar Jaya.

Peresmian dilaksanakan di Balai Ternak Baznas Garut di Kampung Cimayid Desa Karamat Wangi Cisurupan Kamis (13/2).

Baca juga : Di Garut, Odeng Tewas Tertimpa Bangunan

Ketua Baznas Rd H Aas Kosasih SAg, MSi mengatakan ada lima program unggulan dari Baznas Garut, salah satunya program Garut Makmur. Dalam bidang pendayagunaan, berupa pembentukan balai ternak di Kecamatan Cisurupan.

Bantuan yang diberikan kepada kelompok peternak berupa modal kerja dalam bentuk kandang, sarana produksi peternakan dan infrastruktur serta pelatihan teknis untuk proses perawatan ternak. “Kami juga memberikan pendampingan dan pelatihan teknis untuk cara perawatan domba,” katanya.

Selain itu, di Kecamatan Samarang membantu kelompok mandiri. Kelompok tersebut memproduksi kerajinan dari kulit seperti sepatu, tas dan jaket kulit. Ia berharap Baznas menjadi solusi percepatan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Garut.

Ketua Baznas Pusat Prof Dr H Bambang Sudibyo MBA, Ca mengapresiasi kinerja Baznas Kabupaten Garut karena memperlihatkan hasil kerja yang siginfikan. Seperti adanya program balai ternak. Pada program pemberdayaan masyarakat itu, Baznas Garut berhasil meningkatkan pendapatan 21 persen per keluarga peternak.

Tak Hanya itu, kata dia, berdasarkan data, Baznas Garut mengubah penerima manfaat (mustahik) menjadi pemberi manfaat (muzaki) melalui program balai ternak. “Ini bukti konkret bahwa program balai ternak ini sukses dan nyata serta bisa diukur,” katanya.

Baca juga : Bantu Ekonomi Mustahik, Baznas Garut Luncurkan Program Zmart

Dia berharap program balai ternak dapat ditiru dan dikembangkan daerah lain. “Ini (balai ternak) bisa diduplikasi di banyak daerah, anggarannya bisa ditingkatkan kedepanya,” ujarnya. (son)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.