Alhamdulillah, Kota Tasik Bakal Punya 2 Alat PCR Covid-19

151
0
BERKUNJUNG KE BNPB PUSAT
Pertemuan Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kota Tasik dengan Kepala BNPB Pusat, Selasa (18/08) siang. istimewa for radartasikmalaya.com

KOTA TASIK – Curhatan Wali Kota Tasikmalaya, Budi Budiman ke Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen TNI Doni Monardo soal butuh alat Polymerase Chain Reaction (PCR), Selasa (18/08) siang berbuah manis.

Kabarnya, pihak BNPB siap memberikan satu alat PCR untuk Kota Tasikmalaya yang dikhususkan digunakan untuk mendeteksi secara cepat Covid-19.

Hal itu dibenarkan Kadinkes Kota Tasik, Uus Supangat. Bahkan, satu lagi mesin PCR juga akan dikirim dari Provinsi Jawa Barat.

Kedua mesin akan dimiliki Kota Tasik dan dioperasikan di RSUD dr Soekardjo. Dalam waktu dekat ini kedua mesin tersebut akan tiba di Kota Tasik.

“Alhamdulillah dari BNPB akan ngasih satu PCR. Dan satu lagi PCR dikasih dari Dinkes Provinsi Jawa Barat. Ini saya lagi di Bandung,” ujar Uus kepada radartasikmalaya.com, Rabu (19/08) siang.

Terang Uus yang dihubungi melalui ponselnya, dengan adanya dua alat PCR ini maka proses deteksi menentukan apakah pasien tersebut positif Covid-19 atau negatif akan lebih cepat.

Loading...

“Karena nanti sample-nya tak perlu dikirim ke Bandung. Di kita juga bisa melakukan pemeriksaan dengan alat tersebut. Apalagi nanti ada dua alatnya,” terangnya.

Uus menambahkan, alat PCR dari Dinkes Jawa Barat sedang diusahakan dirinya hari ini juga bisa dibawa ke Kota Tasik.

Sementara itu untuk PCR dari BNPB beberapa hari kedepan tiba di Kota Tasik.

“Insya Allah nanti yang dari pusat akan dikirim. Kemarin dari pusat sama Pak Wali. Dan di Bandung sedang kita usahakan segera datang di Kota Tasik alatnya,” tambahnya.

Uus menambahkan, hingga kini pasien terkonfirmasi positif masih ada 5 pasien yang statusnya masih karantina. Rinciannya 3 pasien hasil dari rapid positif dan 2 hasil PCR-nya positif.

“Tapi Insya Allah sebelum 10 hari kedepan sudah bisa pulang. Kondisinya terus membaik hingga kini. Alhamdulillah,” tandasnya.

(rezza rizaldi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.