Hari Ketiga Tes CPNS Sesuai Jadwal

Alhamdulillah Tak Molor Lagi

77

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Hari ketiga pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Tahun 2018 di Gedung Serbaguna Bale Kota Tasikmalaya berjalan lancar. Tidak seperti dua hari pertama yang masih mengalami pengunduran jadwal tes computer assisted test (CAT).

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Tasikmalaya Gungun Pahlagunara menjelaskan seluruh peserta dari sesi pertama mengikuti pelaksanaan SKD dengan tertib tanpa alami keterlambatan. “Untuk hari ini Alhamdulillah berjalan sesuai jadwal. Sejak pukul 08.00 prosesi tahapan tes dari mulai registrasi ulang hingga pelaksanaan tepat waktu,” jelasnya kepada Radar, Minggu (28/10).

Menurutnya, di hari ketiga ini, panitia pelaksana dari Kota Tasikmalaya bertugas terakhir kalinya. Sebab, mulai Senin (29/10) sudah memasuki tahapan tes bagi peserta yang mengisi formasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya. “Hari ini kita terakhir menjadi pelaksana, ke depan hanya membantu saja dari sisi kesekretariatan pelaksana daerah. Hal teknis dan hal yang perlu kami bantu saja,” tutur dia.

Bahkan, di sesi ke lima hari terakhir, kata Gungun, dari 360 peserta yang mengikuti SKD, 140 diantaranya merupakan peserta untuk pengisian formasi Pemkab Tasikmalaya. Sisanya masih diikuti peserta formasi Pemkot. “Jatah per sesi itu kan 360 orang, sementara kita hanya tersisa 220 peserta di sesi akhir. Sisanya diisi bagi peserta formasi Pemkab Tasik,” terangnya.

Pihaknya menjamin ketransparanan pelaksanaan CAT. Peserta diminta tidak khawatir adanya unsur permainan atau kecurangan. Mengingat hasil skor pengisian soal, langsung terlihat secara real time di monitor ruang tunggu. Sementara hasil setiap sesi, ditampilkan pada papan informasi. “Jadi setelah peserta keluar ruangan tes, langsung bisa melihat hasilnya. Apakah memenuhi standar minimal skor atau tidak, bagi yang menunggu bisa lihat juga di monitor, dia sudah berapa poin yang didapat saat mengisi soal,” papar dia.

Kepala Bidang Pembinaan Data Informasi dan Formasi BKPPD Kota Tasikmalaya Dimas Iskandar merinci nilai ambang batas SKD CPNS, sesuai peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB). Bagi Formasi Umum, Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 143, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 75, sehingga total nilai yang harus dicapai 298. Sementara untuk formasi lulusan terbaik (cumlaude) nilai kumulatif paling sedikit 298, dengan nilai TIU paling rendah 85.

Untuk formasi penyandang disabilitas, nilai kumulatif paling sedikit 260 dengan TIU paling rendah 85. Sementara formasi tenaga eks honorer kategori 2 (K2) nilai kumulatif paling sedikit 260, dengan nilai TIU paling rendah 60. “Jadi saat peserta keluar dari ruang tes dan mengetahui hasil, bisa mengetahui apakah dirinya berkesempatan memperebutkan passing grade atau tidak. Apabila salah satu unsur tes tidak terpenuhi, otomatis dianggap tidak memenuhi SKD,” jelasnya.

Dimas menambahkan setelah SKD bagi peserta formasi Pemkot Tasikmalaya berakhir, dilanjutkan pengisian bagi formasi Pemkab Tasikmalaya sampai dengan 2 November dengan jumlah peserta 8.148 orang. Kemudian Pemkab Ciamis sampai dengan 3 November dengan peserta 2148 orang, Pemkab Garut sampai dengan 5 November dengan jumlah peserta 2575, Kota Banjar hingga 7 November dengan peserta 4.516 orang. “Terakhir Pemkab Pangandaran sampai dengan 13 November dengan total jumlah 9.468 peserta,” tandasnya.(igi)

CALEG KITA

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.