Alpukat Pangeran Akan Dikembangkan di Langensari Kota Banjar

1392
0
MENUNJUKKAN. Camat Langensari Kota Banjar Asno Sutarno menunjukkan buah alpukat pangeran asal Kabupaten Ambarawa Jawa Tengah yang akan dikembangkan oleh masyarakat.
MENUNJUKKAN. Camat Langensari Kota Banjar Asno Sutarno menunjukkan buah alpukat pangeran asal Kabupaten Ambarawa Jawa Tengah yang akan dikembangkan oleh masyarakat.

LANGENSARI – Kecamatan Langensari mempunyai potensi yang bagus dalam bidang pertanian dan perkebunan. Lahan yang produktif menjadikan daerah tersebut subur untuk ditanami berbagai macam jenis tanaman.

Sejauh ini, masyarakat di sana masih fokus menanam padi, palawija dan lainnya. Namun, saat ini mereka ingin mencoba mengembangkan untuk menanam buah-buahan. Sehingga hasil panen bisa lebih variatif yang berdampak terhadap peningkatan perekonomian.

Salah satu buah-buahan yang diinginkan masyarakat untuk ditanam yakni alpukat. Pasalnya buah jenis ini banyak digemari masyarakat dan harga jualnya cukup stabil, termasuk permintaannya pun cukup tinggi.

Baca juga : 45 Kendaraan Dinas Pemkot Banjar Siap Dilelang

Dalam mewujudkan harapan tersebut, Pemerintah Kecamatan Langensari mengunjungi Kabupaten Ambarawa Jawa Tengah yang cukup terkenal dengan hasil alpukat bagus dan menjadi unggulan.

“Kami melalukan studi tiru ke Ambarawa. Kita melihat secara langsung produksi alpukat pangeran dengan kualitas terbaik. Alpukatnya cukup besar, kurang lebih satu buah beratnya satu kilogram,” kata Camat Langensari Asno Sutarno kepada Radar, Minggu (8/3).

Maka dari itu, kata dia, pihaknya ingin alpukat pangeran bisa dikembangkan di Kecamatan Langensari dengan kualitas yang tidak jauh berebda dengan di Ambarawa.

“Katanya tidak sulit untuk meniru tanaman buah itu asalkan petani dan masyarakat di Langensari konsisten dan memiliki keinginan kuat,” katanya, menjealskan.

“Minta doanya saja dari semua semoga hasil studi tiru ini membuahkan hasil untuk wilayah Langensari khususnya dan umumnya untuk semua wilayah Kota Banjar,” ucapnya, menambahkan.

Baca juga : Mengkhawatirkan! Petani di Randegan Kota Banjar Hanya Mengandalkan Air Hujan

Jika ini berhasil dikembangkan di Kecamatan Langensari, pemasarannya tidak akan sulit mengingat harga alpukat juga sangat bagus, apalagi jika buahnya unggul.

Ke depan, kata dia, pihaknya bermimpi bahwa Kecamatan Langensari memiliki agrowis ata buah-buahan, salah satunya alpukat. Dengan begitu bisa sejalan dengan program pariwisata Kota Banjar. Sehingga bisa menjadi daya tarik dan peningkatan perekonomian masyarakat khususnya di Langensari dan umumnya Kota Banjar.

“Mudah-mudahan berhasil kita kembangkan alpukat pangeran ini di Langen dan harapan kita ke depannya buah ini menjadi agrowisata unggulan untuk Kota Banjar,” ujarnya. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.