Tahap Awal Digelontorkan Anggaran Rp 2,2 Miliar

Alun-Alun Mulai Dirombak

KONSEP ALUN-ALUN CIAMIS. Pemerintah Kabupaten Ciamis merevitalisasi Alun-Alun Ciamis. Pembangunan tahap pertama ditargetkan tuntas Desember 2018. (Iman S Rahman/radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

CIAMIS – Kabupaten Ciamis sebentar lagi memiliki alun-alun modern. Kekinian. Artistik. Tahap awal, dana sebesar Rp 2,2 miliar digelontorkan dari APBD Ciamis.

Kepala Bidang Kebersihan, Persampahan dan Pertamanan Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Ciamis Bayu Rahkmana menjelaskan perombakan tahap awal Alun-Alun Ciamis mulai dikerjakan pada 10 September. Ditargetkan Desember tahun 2018, pengerjaan tahap awal selesai.

“Untuk pengerjaan sekarang hanya area Taman Raflesia saja. Untuk air mancurnya belum. Masih dalam tahap pembahasan; apakah ada perubahan atau tidaknya,“ paparnya kepada Radar Kamis siang (13/9) di Ciamis.

“Pada intinya kita akan bikin nyaman saat dipakai oleh pengunjung nantinya. Lebih mempunyai wajah kotanya menonjol,” bebernya.

Agar pengerjaan proyek pembangunan alun-alun tahap pertama berjalan baik, area ruang publik tersebut kini dipagar. Dengan demikian, tidak sembarang orang bisa memasuki kawasan tersebut.

Pihaknya juga berharap pengerjaan ini bisa sukses dan selesai sesuai perencanaan yang dibuat, serta hasilnya benar-benar bagus.

Setelah pembangunan Taman Raflesia selesai, maka pembangunan tahap dua pun dimulai. Area penataan kawasan tahap dua pembangunan alun-alun yaitu area bawah atau dekat Masjid Agung Ciamis.

“Karena kita juga menyesuaikan anggaran yang ada. Makanya kita lakukan pengerjaannya secara bertahap,“ paparnya.

Ketua Komisi III DPRD Ciamis Oyat Nurayat mengatakan perombakan kawasan Alun-Alun Ciamis akan menjadikan Ciamis sebagai daerah yang memiliki ruang publik yang indah dan layak.

Terlebih, sudah bertahun-tahun wilayah Kota Ciamis belum punya kawasan yang benar-benar indah dan layak.

Namun demikian, dia berpesan, sebagai Komisi III mengharapkan perombakan awal alun-alun sesuai dengan perencanaan dan lebih indah dari yang sebelumnya, sehingga benar-benar disukai oleh masyarakat.

“Makanya upaya kami akan mengawal pengerjaan itu tentunya kami tekankan juga harus sesuai spek dan pengerjaannya bagus,“ imbaunya. (isr)

loading...