Alun-Alun Singaparna Pusat Kemacetan

212
0

SINGAPARNA – Arus balik pada H+4 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah di Jalur Singaparna-Garut Kabupaten Tasikmalaya terpantau padat lancar. Jumlah tersebut mengalami peningkatan setelah ada pengalihan arus dari Jalur Gentong.

“Sejak malam (Sabtu (8/9) arus kendaraan mula padat lancar. Bahkan hari ini (kemarin) pun masih cukup padat karena adanya pengalihan arus dari Gentong,” ujar Kabid Lalin Dishub Kabupaten Tasikmalaya, Gozim kepada Radar, Minggu (9/6).

Kata dia, faktor kepadatan lalu lintas ini terjadi karena adanya beberapa persimpangan. Termasuk aktivitas masyarakat di Pasar dan Alun-Alun Singaparna yang menjadi titik utama kepadatan terjadi. “Memang di Pasar, Terminal dan Alun-Alun Singaparna ini pusat kemacetan, karena banyak aktivitas masyarakat. Namun kemacetannya tidak sampai total, melainkan padat ramai saja,” paparnya.

Walaupun demikian, kata dia, para petugas sudah siap di pos masing-masing untuk bisa mengurai kepadatan kendaraan pada arus balik kali ini. Sehingga para pemudik tidak terlalu lama antre untuk terus melanjutkan perjalanan.

Abay (37), warga sekitar Alun-Alun Singaparna mengatakan setiap tahun selalu terjadi kepadatan kendaraan saat memasuki aruk balik Idul Fitri 1440 Hijriah. “Selalu padat, karena kendaraan arus balik bercampur dengan aktivitas masyarakat di pasar dan terminal. Sehingga kemacetan pun tidak bisa dihindari,” ungkapnya.

Menurut dia, idealnya pasar dan terminal ini segera dipindahkan. Kemudian Alun-Alun Singaparna pun dilakukan penataan ulang supaya tidak terjadi kemacetan seperti ini setiap ada hari-hari besar.(obi)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.