118 Siswa SDN Cibeureum Ikuti Perkemahan

Amalkan Dasa Dharma Pramuka

19
UPACARA. Siswa SDN Cibeureum mengikuti upacara penutupan Hari Pramuka ke-58 di Halaman SDN Cibeureum Rabu (14/8). Sebelumnya, siswa mengikuti perkemahan pada Selasa-Rabu (13-14/8). Fatkhur Rizqi / Radar Tasikmalaya

TASIK – Memperingati Hari Gerakan Pramuka ke-58, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cibeureum melaksanakan perkemahan di Halaman SDN Cibeureum pada Selasa-Rabu (13-14/8). Perkemahan diikuti 118 anggota Pramuka Penggalang.

Kegiatan Pramuka ini bertujuan agar siswa punya sifat perjuangan dan memotivasi anggota Pramuka Penggalang menjadi generasi muda kepanduan yang mempunyai energi positif.

Pembina Pramuka SDN Cibeureum Agus Salim SPd mengatakan pangkalan SDN Cibeureum rutin menggelar perkemahan setiap 14 Agustus. Melalui perkemahan ini, siswa dididik dengan berbagai jenis keterampilan, disiplin, kepercayaan diri, saling tolong-menolong sesuai dengan Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka.

“Mengenalkan dan memperingati hari bersejarah Praja Muda Karana. Siswa diharapkan belajar disiplin, kerja sama dan saling mencintai serta menghargai terhadadp sesama makhluk hidup,” kata dia kepada Radar, Rabu (14/8).

Selain itu, peringatan Hari Pramuka ini berasal dari anggota Pramuka Penggalang dalam menggali potensi diri dan meningkatkan keterampilan generasi muda. “Melaksanakan lomba-lomba yang mendidik seperti penjelajahan, kebersihan lingkungan dan lainnya,” katanya.

Pada kegiatan ini SDN Cibeureum juga mencari siswa tergiat untuk diikutkan lomba tingkat dua pada September mendatang.

Ketua Panitia Perkemahan SDN Cibeureum Aam Abdul Muhsin SPd mengatakan peringatan Hari Pramuka ke-58 ini tidak sebatas simbolis, namun harus dijadikan kebiasaan dan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari oleh siswa SDN Cibeureum.

“Pendidikan kepramukaan sebagai pelajaran muatan lokal yang wajib, sehingga siswa mampu membiasakan diri dari nilai-nilai kepanduan dan mengamalkan janji Pramuka,” katanya.

Pemimpin Pradana Pramuka SDN Cibeureum Erlangga Yusrikal Fazri mengatakan dalam peringatan Hari Pramuka ke-58 ia belajar mengamalkan kode kehormatan Pramuka, salah satunya Dasa Dharma Pramuka. “Bisa mengamalkan Dasa Dharma Pramuka, dengan saling menghargai dan menghormati antar teman,” katanya. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.