Ambisi Lewy Belum Habis

14
0
Robert Lewandowski

MUNCHEN – Performa moncer Bayern Munchen di Bundesliga musim ini tak bisa lepas dari nama Robert Lewandowski. Striker yang genap berusia 31 tahun pada 22 Agustus lalu itu mampu melesakkan 16 gol dalam 12 matchweek. Bomber berkebangsaan Polandia itu pun memuncaki daftar golden boot.

Di Liga Champions, ambisinya menjadi top skor tak berhenti. Mantan Duta dana anak-anak UNICEF itu tetap melanjutkan trah-nya sebagai striker pendulang gol terbanyak. Ia mengemas 10 gol dari lima caps Raksasa Bavarian tersebut.

Dini hari kemarin, Lewy-sapaan akrab- Lewandowski kembali menjadi bintang Munchen usai mencetak quat-trick menggasak Red Star Belgrade 6-0 di matchday 5 Liga Champions. Lewandowski memang sensasional.

Datang sebagai tim tamu di Stadion Rajko Mitic, Bayern cuma unggul satu gol di babak pertama berkat Leon Goretzka. Usai jeda Lewandowski mencetak empat gol dalam 14 menit ke gawang Red Star sebelum Corentin Tolisso menyudahi pesta gol Bayern.

Ini merupakan quat-trick kedua yang dibuat Lewandowski setelah empat kali membobol gawang Real Madrid di semifinal Liga Champions 2013 saat masih berkostum Borussia Dortmund. Menurut statistik Uefa, quat-trick Lewandowski saat ini tercatat sebagai yang tercepat dalam sejarah kompetisi ini.

Di Liga Champions, ada dua striker menonjol yang masuk daftar pendulang gol terbanyak. Selain Lewy, ada nama Erling Braut Haland. Dengan torehan tujuh gol dari lima penampilan, striker FC Red Bull Salzburg mengungguli penyerang yang lebih tua, Harry Kane (Tottenham) dan Raheem Sterling (Man City). Haland juga membuat gap 5 gol dari striker RB Leipzig yang menjadi andalan Timnas Jerman saat ini, Timo Werner di pentas Liga Champions. Secara umur, Haaland dan Werner pun terpaut empat tahun jauh lebih muda.

Lewy di Bayern juga tanpa pesaing. Nama-nama seperti Jann-Fiete Arp, Leon Dajaku, hingga Kwasi Okyere Wriedt hanyalah striker dari Bayern Muechen II. CEO Bayern Karl-Heinz Rummenigge mengakui, klubnya tidak punya alasan mencari suksesor Lewy karena top scorer sepanjang masa Timnas Polandia tersebut masih berada dalam produktivitas tinggi.

Sementara Haaland menjadi incaran Manchester United yang kini kehilangan spot striker yang mumpuni. Setan Merah berharap bisa mendaratkan remaja Norwegia itu ke Old Trafford pada jendela transfer musim dingin, Januari nanti.

Dilansir dari Daily Mail, Manchester United telah menyiapkan dana tak kurang dari GBP 60 juta atau Rp 1 triliun untuk mendapat tanda tangan striker 19 tahun tersebut. Haaland menjadi penyerang yang paling diinginkan Manchester United. Ditambah lagi, Haaland punya keterikatan dengan sang maestro MU, Ole Gunnar Solskjaer.

Solskjaer telah mengenal Haaland sejak ia melatih klub Liga Norwegia, Molde. Bahkan, eks penyerang Manchester United itu dilaporkan telah mengirim pemandu bakat untuk memantau langsung sang pemain. Rasa kagumnya tak berhenti saat pemuda tersebut diboyong Red Bull Salzburg pada jendela transfer musim panas lalu. Di Bundesliga Austria, ia sukses mencetak 15 gol plus enam assist dari 12 penampilannya. (fin/tgr)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.