Beranda Nasional Amien Rais Ceramah soal Partai Setan, Begini Respons MUI

Amien Rais Ceramah soal Partai Setan, Begini Respons MUI

147
BERBAGI
Amin Rais

JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) merespons pernyataan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais dalam ceramahnya tentang adanya partai Allah dan partai setan.

Menurut Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Sa’adi, di Alquran memang ada pembagian golongan manusia di hadapan Allah.

Zainut menyatakan, di Alquran ada Surah Al-Mujadilah. Pada ayat 19-22 surah itu disebutkan tentang adanya dua golongan manusia.

“Golongan setan itu disebutkan sebagai golongan orang yang selalu berdusta, lupa mengingat Allah, suka menentang ajaran Allah dan rasul, dan mereka itu adalah golongan orang yang merugi,” ujar Zainut, Senin (16/4).

Sedangkan satu golongan lagi adalah yang selalu beriman kepada Allah. Yakni kelompok orang-orang yang telah menanamkan keimanan dalam hati mereka dan menguatkan diri dengan pertolongan Allah.

“Mereka adalah termasuk golongan orang yang beruntung,” ungkapnya.

Zainut mengatakan, konteks ayat tersebut lebih pada makna tentang akidah, keyakinan, atau keimanan kepada Allah SWT dan bukan dalam konteks politik. Jadi tidak tepat jika ada pihak yang mengaitkan ayat tersebut di atas dengan konteks politik kepartaian di Indonesia.

“Saya berprasangka baik, Pak Amien Rais tidak bermaksud mengaitkan ayat tersebut dengan kondisi partai-partai di Indonesia,” katanya.

Oleh sebab itu MUI mengimbau kepada semua elite politik untuk bijak dalam menyampaikan pesan kepada masyarakat, khususnya ketika mengutip ayat suci Alquran. Harapannya agar terhindar dari tuduhan melakukan politisasi atau eksploitasi agama untuk kepentingan politik.

“Ini juga untuk menghindari timbulnya kesalahpahaman, konflik dan kegaduhan di masyarakat,” pungkasnya.

Sebelumnya Amien dalam tausiah usai salat subuh berjemaah di sebuah masjid di Mampang, Jakarta Selatan, Jumat lalu (13/4) menyatakan, orang-orang yang anti-Tuhan, akan otomatis bergabung dalam partai besar yang disebutnya sebagai partai setan. Sedangkan orang yang beriman bergabung di sebuah partai besar yang namanya hizbullah atau partai Allah.

(gwn/JPC)

Facebook Comments

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.