Anak-Anak SLB Dilatih Kebencanaan

163
0
ujang nandar / radar tasikmalaya SAMPAIKAN. Kepala Pelaksana BPBD H EZ Alfian memberikan pemahaman tentang kebencanaan di SLB Aisyiyah, Singaparna.

SINGAPARNA – Sekolah Luar Biasa (SLB) Aisyiyah Singaparna bekerja sama dengan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan pelatihan sekolah aman bencana bagi anak berkebutuhan khusus kemarin (22/11).
Kepala SLB Aisyiyah Singaparna Tini Surtini MPd mengatakan kegiatan itu untuk membangun budaya siaga dan pengurangan risiko bencana di sekolah serta membangun keutuhan warga sekolah dalam menghadapi bencana secara terencana. “Bila ada bencana dapat terkoordinasi dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk memberikan perlindungan kepada peserta didik, tenaga pendidik dan masyarakat sekitar sekolah dari dampak bencana,” katanya kepada Radar, kemarin.
Kegiatan ini juga untuk menyebarluarkan cara penanganan bencana kepada masyarakat luas. “Karena yang kami undang ini selain SLB yang ada di Gugus 48, sekolah juga masyarakat,” ungkap dia.
Menurutnya, SLB Aisyiyah berniat menjadikan kegiatan tersebut sebagai agenda rutin untuk lebih memberikan pemahaman kepada peserta didik dan pendidik di lingkungan SLB. “Mudah-mudahan ini menjadi agenda rutin,” ujar Tini.
Pelatihan penanganan bencana ini sangat diapresiasi oleh BPBD. Apalagi diterapkan di anak-anak berkebutuhan khusus. “Terlebih Kabupaten Tasikmalaya merupakan salah satu daerah yang memiliki risiko bencana tinggi,” jelas Tini.
Tini berharap melalui pelatihan sekolah aman bencana bagi anak berkebutuhan khusus itu, semua elemen yang berada di sekolah memiliki pemahaman, pengetahuan dan keterampilan dalam upaya menyelematkan diri dan peserta didik ketika bencana datang secara tiba-tiba. “Intinya bagaimana semua dapat sigap ketika ada bencana datang,” pungkasnya. (ujg)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.