Anak-Anak TK Di Pangandaran Belajar Mitigasi Kebencanaan

231
0
SIMULASI. Puluhan murid TK Meraih Bintang di Pantai Barat Pangandaran saat mengikuti simulasi kebencanaan kemarin (8/11).

PANGANDARAN – Puluhan murid TK Meraih Bintang di Pantai Barat Pangandaran mengikuti kegiatan mitigasi penanggulangan bencana kemarin (8/11). Kegiatan yang diberi nama Anak TK Mitigasi (ATM) tersebut merupakan program baru Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana Kabupaten Pangandaran.
Manager Pusdalops PB Kabupaten Pangandaran Nana Sukarna mengatakan pihaknya mengembangkan program mitigasi seiring banyaknya permintaan dari masyarakat. “ATM ini merupakan program baru yang kami khususkan untuk anak-anak. Mereka belajar mitigasi bencana dipandu para relawan. Kita baru memulai di TK Meraih Bintang,” ungkapnya.
Sebelumnya, kata dia, program mitigasi juga sudah berjalan untuk kalangan pelajar tingkat SD, SLTP, SLTA dan kader PKK. Di antaranya, Wisata Edukasi Bencana Goes To School (WEB-GTS), Silaturahmi Informasi Empati Berbagi Edukasi Bencana (SIEMBEB ) dan Bunda Belajar Mitigasi (BBM).
“Pemberian materi mitigasi bencana untuk anak-anak ini sedikit berbeda dengan tingkat SD, SLTP dan SLTA. Ada perubahan pola mengajar agar materi yang disampaikan lebih mudah dipahami, tentunya menggunakan pola mengajar kepada anak seperti melalui gerak tubuh dan bernyanyi,” jelas dia.
Pemahaman mitigasi bencana sangat penting diberikan sejak dini. “Kita harus memberikan pemahaman kepada anak-anak agar tidak panik dan tahu apa yang harus dilakukan ketika ada bencana,” ujarnya.
Nana menambahkan petugas Pusdalops PB juga dibantu para relawan psikolog dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC). “Kebetulan kita juga mendapatkan bantuan tenaga pengajar dari MDMC, sangat terbantu dengan pendekatan para relawan psikolog, karena karakter anak-anak membutuhkan pendekatan khusus,” ungkapnya. (nay)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.