Anak Muda Semangat Tekuni Dunia Usaha

220
0
KOMPAK. Dewan Pengurus Cabang Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) Tasikmalaya berfoto bersama pada Seminar Nasional Character Building di Hall Hotel Grand Metro, Minggu (21/7).

CIHIDEUNG – Hasrat anak-anak muda dalam menerjuni dunia bisnis di era revolusi industri 4.0 cukup tinggi. Antusiasme mereka pun begitu tampak saat mengikuti Seminar Nasional Character Building di Hall Hotel Grand Metro, Minggu (21/7) yang diselenggarakan Dewan Pengurus Cabang Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) Tasikmalaya.

Peserta yang hadir pada seminar bertema “Winning Mentality for Industrial Revolution 4.0, Siap Menuju Indonesia Mandiri 2034” itu mencapai sekitar 1.100 orang. Mereka berasal dari Tasikmalaya dan Ciamis.

Ketua Dewan Pengurus Cabang Wimnus Tasikmalaya Risma Permatasari menerangkan, generasi muda merupakan pewaris bangsa Indonesia. Maka dari itu, mereka harus mulai berani menjadi wiraswasta mandiri.

Untuk mewadahi antusiasme anak-anak muda dalam berbisnis itu, Wimnus menyelenggarakan seminar nasional. Seminar ini, selain memotivasi, juga untuk menumbuhkan mental wirausaha. Para peserta dilatih untuk terampil berbicara dan lebih percaya diri. “Peserta berjumlah 1.100 dari anak-anak muda baru,” tutur dia.

President of Organization of Islamic Cooperation (OIC) Youth Indonesia Syafii Efendi menjelaskan, bila ingin terjun ke dunia usaha, anak-anak muda jangan berpikir menjadi pengikut, tetapi harus menjadi pemimpin. Jika lulus kuliah harus berani membuka lapangan kerja, bukan mencari pekerjaan. “Kadangkala Anda harus merasakan sakit untuk bisa tahu, jatuh untuk bisa tumbuh, kehilangan untuk bisa mendapatkan. Karena pelajaran terhebat dari hidup dipelajari melalui rasa sakit,” kata dia.

Menurut dia, anak-anak muda harus punya mimpi yang besar serta terus berusaha dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa agar mimpi itu bisa terwujud.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUMKM-Perindag) Kota Tasikmalaya H M Firmansyah menyebutkan, motivasi bisnis bagi anak-anak muda sangat dibutuhkan di era revolusi industri 4.0. Apalagi persaingan bisnis saat ini semakin mengglobal.

Menurut Firman, seminar itu akan menjadi modal positif bagi perkembangan perekonomian ke depan dan selaras dengan program 1.000 wirausaha baru (wub) yang tengah dijalankan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya.

Sementara, bersamaan dengan seminar nasional itu ada pelantikan Dewan Pengurus Cabang Wirausaha Muda Nusantara (Wimnus) Tasikmalaya 2019/2022. (mg1)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.