Ancaman Kekeringan di Garut, Warga Diminta Segera Lapor Jika Kesulitan Air Bersih

157
0
Ilustrasi

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut siap membeli lahan yang menjadi sumber mata air. Hal itu dilakukan untuk mengatasi ancaman kekeringan yang terjadi di beberapa wilayah di Garut.

Dengan adanya sumber air, ketika datang musim kemarau kebutuhan air masyarakat masih bisa terpenuhi.

Baca juga : Muhammadiyah Garut Berbagi Dimasa Pendemi Corona

“Kita sudah beli di beberapa wilayah, kalau ada lagi sumber mata air, kita akan beli lagi,” kata Bupati Garut H Rudy Gunawan kepada waratwan, Jumat (31/7).

Menurut dia, persoalan ancaman rawan air di sejumlah daerah di Garut telah menjadi perhatian pemerintah daerah. Pihaknya bahkan sudah menginstruksikan kepada aparatur kecamatan untuk bergerak mencari sumber mata air.

Bupati juga meminta kerja cepat pemerintah kecamatan untuk segera melaporkan apabila terjadi kekurangan air saat musim kemarau untuk selanjutnya dilakukan uji potensi sumber mata air di daerah itu.

“Kecamatan juga harus melaporkan apabila kekurangan air di kecamatannya dan kami akan uji seberapa besar air yang dihasilkan pada musim kemarau,” katanya.

Bupati menyampaikan daerah yang memiliki sumber mata air akan dibuatkan pipanisasi untuk memudahkan penyaluran air ke masyarakat maupun areal pertanian yang membutuhkan banyak pasokan air.

“Nanti kami akan buat pipanisasi walaupun itu jaraknya 2 kilometer atau sampai 5 kilometer, tetapi kami akan uji terlebih dahulu apakah memenuhi persyaratan atau tidak,” terangnya.

Baca juga : Kasus SOr Ciateul Garut Segera Masuk Babak Baru

Rudy mengaku sudah meninjau langsung sejumlah sumber air di beberapa daerah bersama Dinas Pertanian dan Dinas PUPR Garut.

Daerah yang sudah ditinjau langsung dan memiliki potensi besar debit air yakni di wilayah pegunungan selatan Garut seperti di Kampung Rancakalong, Desa/Kecamatan Cisompet atau berbatasan dengan Kecamatan Cibalong. (yna)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.