Ancaman The Next Ronaldo

164

CHORZOW – Cristiano Ronaldo absen membela Portugal di UEFA Nations League (UNL). Tetapi, masih ada Andre Silva yang siap memberi ancaman serius ke gawang Polandia di Silesian Stadium, dini hari nanti.

Pemain berjuluk The Next Ronaldo itu saat ini memang tengah on fire. Di level klub, ia menjadi salah satu penyerang tersubur Eropa. Total, ia sudah melesakkan tujuh gol dalam delapan pertandingan Sevilla di La Liga.

Selain itu, penyerang kelahiran 6 November 1995 tersebut saat laga perdana Grup A3 UNL kontra Italia, September lalu juga menjadi pahlawan kemenangan. Satu golnya di laga itu mengantarkan juara Eropa menang tipis 1-0.

Total gol pemain berusia 23 tahun tersebut kini sudah mengoleksi 13 dari 28 pertandingan internasionalnya.

Catatan tersebut tentu jadi alasan pelatih Fernando Santos untuk memberinya peran utama di lini serang menggantikan Ronaldo yang tidak akan dipanggil hingga November.

Dengan adanya pilar-pilar baru seperti Andre Silva dan Bernardo Silva yang akan menjadi trisula bersama Bruma, Santos mengklaim anak asuhnya sangat antusias menyongsong laga kontra Polandia.

Ia pun menegaskan meski tanpa Ronaldo, target mereka adalah membawa pulang kemenangan dari Chorzow.

“Para pemain sangat termotivasi untuk memainkan pertandingan ini. Saat ini kami berada dalam posisi positif di UEFA Nations League dan dengan kemenangan ini, kami akan mengambil langkah penting,” kata Santos di Twitter resmi Timnas Portugal dikutip dari Infosurhoy.

Walau sudah punya The Next Ronaldo, ia memastikan masih akan membutuhkan CR7 yang kini sudah di usia 33 tahun. Dengan 85 gol dalam 154 penampilan, Ronaldo menurut Santos pemain Juventus itu masih yang terbaik.

“Di masa depan, tidak ada yang mencegah Cristiano memberikan kontribusinya untuk tim nasional,” tegasnya.

Menghadapi Polandia dan Irlandia di laga uji coba, Santos kembali memanggil Eder. Pencetak gol kemenangan Portugal di final Euro 2016 melawan Prancis.

Selain itu, juga ada nama pemain Wolves, Helder Costa yang menerima panggilan pertamanya. “Eder selalu diamati. Kali ini kami merasa ia harus dipanggil,” jelasnya.

Meski tanpa Ronaldo, Pelatih Polandia, Jerzy Brzeczek menegaskan, mereka tetap akan menghadapi tantangan maha sulit untuk mengalahkan Portugal.

Baginya, Portugal dengan skuatnya saat ini masih sulit dikalahkan. Khususnya karena mereka memiliki pertahanan yang tangguh.

“Ini masih tim yang sangat kuat. Mereka berevolusi menjadi lebih kuat selama dua tahun terakhir. Ketika mereka memenangkan kejuaraan Eropa, mereka bermain lebih defensif, tetapi baru-baru ini mereka lebih terbuka. Meski Cristiano Ronaldo absen sejak September, Portugal memiliki pemain dengan keterampilan teknis yang sangat bagus,” kata pelatih di Onet.

Sama seperti Portugal yang punya Silva, Jerzy Brzeczek juga memiliki senjata bomber muda bernama Krzysztof Piatek.

Dengan 13 gol di semua kompetisi, penyerang Genoa berusia 23 tahun itu kini menjadi pemain tersubur di lima kompetisi elite Eropa.

Akan tetapi, sang pelatih belum memastikan apakah Piatek bisa bermain bersama Robert Lewandowski kontra Portugal.

“Krzysiek adalah pemain yang luar biasa. Saya tidak memiliki banyak kesempatan untuk bekerja dengannya, tetapi faktanya dia haus gol, efektif. Tetapi kami memiliki cukup banyak pemain ofensif,” tuturnya.

Ini akan menjadi pertemuan ke-12 kedua negara. Pada 11 duel sebelumnya, Portugal lebih unggul dengan empat kemenangan.

Terakhir, mereka berduel di babak delapan besar Piala Eropa 2016 dimana Portugal keluar sebagai pemenang lewat drama adu penalti. Kekalahan itu dipastikan akan coba dibalas Polandia. (amr/fin)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.