Beranda Jawa Barat Andalkan Figur Saja Tak Cukup

Andalkan Figur Saja Tak Cukup

23
0
BERBAGI
Radar Bandung SEJUK. Keempat bakal pasangan calon di Pilgub Jabar 2014 Sudrajat-Syaikhu, Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi, TB Hasanuddin-Anton Charliyan dan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum terlihat kompak usai melaksanakan tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Bandung, Kamis (11/1).

JAKARTA- Pemilihan Gubernur Jawa Barat, dipastikan diikuti oleh empat pasangan calon yang pada Rabu (10/1) lalu telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jabar. Yakni, Mayjen (purn) TNI AD Sudrajat-Ahmad Syaikhu di Jawa Barat. Yang didukung oleh PKS, PAN, Gerindra. Kedua ada pasangan Tb Hasanudin-Anton Charlyan didukung pleh PDIP. Ketiga, Ridwan Kamil – Uul Ruzhanul Ulum (NasDem, PPP, PKB dan Hanura), dan terakhir Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Demokrat, Golkar).
Menanggapi hal ini, pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, Gun Gun Heriyanto menyatakan untuk menentukan siapa yang berpeluang menang tidaklah mudah diterka, mengingat dinamika yang luar biasa.
Kalau dari sisi figur, katanya, secara probabilitas perolehan suara memang masih ada di di Ridwan Kamil atau Deddy Mizwar. ”Namun figur saja tak cukup, tetapi harus didukung oleh mesin partai pendukungnya,” ucap Gun Gun kepada Indopos (Radar Tasikmalaya Group).
Sedangkan dua paslon lainnya, Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan Tb Hasanuddin-Anton Charlyan, katanya, bukanlah sosok yang populer, tetapi para partai pendukungnya memiliki basis massa dan mesin partai yang mumpuni. ”Jadi, RK dan DM tidak boleh lengah mengingat masih cairnya pemilih di provinsi tersebut. Terlebih saya yakin tiga partai yang dukung Sudrajat dan PDIP yang dukung paslon lainnya akan bergerak all out,” tukasnya.
Tak hanya soliditas mesin partai, kemenangan paslon di Jabar, kata Gun Gun, juga didasari saling memahami pergerakan kompetitor. ”Yakni sejauhmana mereka bisa melakukan manajemen isu dan manajemen konflik dengan para kompetitor,” ucapnya.
Lalu, lanjutnya, paslon dan mesin partai harus menjangkau pemilih mengambang yang bukan kader partai. ”Jadi, peserta pilkada di Jabar bagaimana mengoptimalkan basis-basis komunitas di luar parpol untuk mewadahi basis pemilih baru di luar basis tradisionalnya,” jelasnya.
“Serta pemasaran politik keempat pasangan di desa maupun kota dan basis-basis wilayah Jabar seperti Priangan Barat, Priangan Timur, Pantura, Bandung Raya, Cirebon Raya, urban DKI di Depok dan Bekasi,” bebernya.
Sementara itu, empat bakal pasangan calon dalam Pilgub Jabar menuntaskan tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Jalan Eyckmen, Kota Bandung, Kamis (11/1). (dil/bbb/jpg)

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here