Anggaran Bukan Penyebab Utama Minim Prestasi

34
0
Adeng Hendrawan

BANJAR – Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Banjar Adeng Hendrawan mengatakan penyebab minimnya prestasi atlet di Kota Banjar bukan hanya karena kurangnya anggaran. Sumber daya manusia (SDM) atlet dan pelatih juga menjadi faktor penentu raihan prestasi di berbagai kompetisi.

“Bukan melulu karena kurangnya dukungan anggaran, namun karena memang minim SDM atlet di Kota Banjar. Ditambah kurangnya pelatih profesional yang menjadikan bibit atlet di Kota Banjar berprestasi,” katanya.

Menurutnya, ada tiga poin yang menjadi tolok ukur raihan prestasi seorang atlet. Pertama adalah sumber daya atlet itu sendiri, kemudian anggaran dan ketiga sarana dan prasarana.

“Ini kembali ke SDM atletnya sendiri karena untuk sarana olahraga, Banjar ini kurang apa? Kemudian dukungan anggaran, pemerintah tiap tahun menganggarkan meskipun terbatas,” katanya.

Ia menjelaskan bukti di beberapa kompetisi, Banjar tidak terlalu menonjol di bidang prestasi atlet. Begitu pun dengan cabang olahraga. Dari 21 cabor yang ada, tidak sampai setengahnya yang aktif SK-nya.

“Untuk mengubah Banjar supaya memiliki atlet berprestasi dari berbagai cabor, pertama SDM-nya harus dibidik terlebih dahulu. Contoh dengan menggalakan ekstrakurikuler di sekolah untuk olahraga. Karena salah satu indikator kualitas atlet itu lahir dari kegiatan-kegiatan olahraga di sekolah-sekolah. Kemudian mendatangkan pelatih yang profesional untuk menggembleng atlet Kota Banjar,” jelasnya. (cep)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.