Anggaran Kecil, Sampah Menumpuk

325
0

TAWANG – Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Tasikmalaya Ai Usman mengatakan anggaran untuk penanggulangan sampah di Kota Tasikmalaya masih sangat kecil.
Anggaran tahun 2018 untuk kebersihan sebesar Rp 6,9 miliar. Jumlah tersebut masih jauh dari layak untuk menutupi berbagai kebutuhan dalam menangani kebersihan. ”Anggaran untuk penanganan sampah mencapai Rp 6,9 miliar, itu masih sangat sedikit untuk menangani penumpukan sampah di Kota Tasikmalaya dan sangat jauh dibandingkan daerah lain,” ungkapnya saat ditemui Radar di ruang kerjanya, Senin (8/1).
Lanjut Ai, anggaran tersebut digunakan untuk membayar gaji 157 pekerja harian lepas seperti srikandi sampah, penyapu sampah laki-laki dan pengangkut sampah. Kemudian untuk pengadaan suku cadang truk pengangkut sampah dan bahan bakar kendaraan.
Menurutnya 157 pekerja harian lepas digaji sesuai upah minimum Kota Tasikmalaya. Maka tidak heran jika anggaran yang diperlukan cukuplah besar. ”Semuanya dikontrak untuk tahun ini gajinya sebesar Rp 1,9 juta lebih setiap bulannya, menyesuaikan dengan upah minimun yang baru,” ucapnya.
Idealnya, kata Ai, untuk anggaran penanganan sampah di Kota Tasikmalaya mencapai 10 miliar. ”Itu termasuk untuk pembaruan kendaraan peng­angkut sampah dan lainnya, ” katanya.
Selain itu pekerja harian lepas juga harus ditambah, untuk memaksimalkan pengangkutan sampah di berbagai lokasi. ”Perlu ada tambahan lagi sekitar 50 orang,” terangnya.
Estimasi kebutuhan anggaran untuk tahun berikutnya, menurut dia, akan semakin meningkat. Salah satu faktornya adalah bertambahnya jumlah penduduk. ”Otomatis jumlah sampah di tahun berikutnya akan semakin meningkat,” tuturnya.
Untuk sekarang saja per harinya Kota Tasikmalaya menghasilkan 150 ton perharinya. “Jika penduduk bertambah ribuan orang saja, saya yakin TPA Ciangir akan semakin penuh,” ujarnya. (den)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.