Ada Tidaknya Wakil Bupati Tergantung Kebijakan Politik

Anggaran Pelantikan Wabup Disiapkan

23

SINGAPARNA – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya sudah menyiapkan alokasi anggaran pada APBD 2019 untuk proses pemilihan hingga pelantikan wakil bupati (wabup) di sisa periode ini.

“Anggaran untuk pemilihan wakil bupati sampai ke tahapan pelantikan memang sudah dialokasikan pada APBD 2019,” ujar Asisten Daerah (Asda) I Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Tasikmalaya Ahmad Muksin SH MH kepada Radar, Rabu (9/1).

Kata dia, ada pun soal teknis penggunaan anggarannya ada di Bagian Keuangan Setda Kabupaten Tasikmalaya. Tapi, yang jelas untuk alokasinya sudah disiapkan secara maksimal, tinggal menunggu prosesnya saja.

“Yang jelas kepastian jabatan wakil bupati diisi atau tidak itu ranah politik antara partai pengusung, bupati dan DPRD. Tapi kalau anggaran tetap harus dipersiapkan, baik itu untuk biaya rapat atau konsultasi ke provinsi dan pusat,” jelasnya.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kabupaten Tasikmalaya Drs H Iing Farid Khozin MSi mengatakan anggaran untuk pemilihan calon wakil bupati (cawabup) bisa dibutuhkan jika dalam teknis pemilihannya menggunakan metode voting.

“Kebutuhan anggarannya bisa untuk alat tulis, jika pemilihannya ditulis nama untuk dipilih dewan. Termasuk apabila pemilihannya membutuhkan bilik suara ketika para dewan menentukan pilihannya,” katanya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dr H Basuki Rahmat MSi mengatakan biaya dalam tahapan pemilihan dan pelantikan bupati itu relatif tidak besar. Tetapi tetap harus disiapkan dari sekarang.

“Ya paling kebutuhannya untuk biaya rapat-rapat, baik eksekutif dengan dewan membahas calon wakil bupati, kemudian jika dibutuhkan konsultasi ke pusat. Itu perlu dianggarkan juga untuk mengkonsultasikan cara pemilihannya, ya normatif disesuaikan dengan kebutuhan,” jelasnya. (dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.