Tangani Sampah di Perkotaan, Olah Jadi Pundi-Pundi Rupiah

Anggarkan 10 Juta untuk Kelurahan

11
TANGANI SAMPAH. Bupati Garut H Rudy Gunawan diwawancara di Pendopo Kecamatan Garut Kota Jumat (17/5). Tahun depan, Pemerintah Kabupaten Garut akan mengalokasikan anggaran bagi kelurahan untuk penanggulangan sampah. Yana taryana / rakyat garut

GARUT KOTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut akan mengalokasikan anggaran untuk penanggulangan sampah di tingkat kelurahan. Nantinya sampah akan dipilah terlebih dahulu sebelum dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) Pasirbajing.

Dengan begitu, produksi sampah di wilayah perkotaan tidak terlalu tinggi. “Tahun depan (2020) ada dana kelurahan, mungkin sekitar Rp 10 juta untuk penanganan sampah ini,” ujar Bupati Garut Rudy Gunawan kepada wartawan di Pendopo Garut Kecamatan Garut Kota Jumat (17/5).

Anggaran yang akan diberikan merupakan salah satu solusi untuk mengatasi sampah yang saat ini menjadi masalah serius di Kabupaten Garut. “Persoalanan sampah ini sudah menjadi perhatian khusus. Jadi kami terus melakukan langkah dalam pengelolaan sampah, sehingga tidak lagi terjadi penumpukan,” terangnya.

Di menerangkan persoalan sampah sudah seharusnya selesai di tempat pembuangan sementara (TPS), namun saat ini selesainya hingga di TPA Pasirbajing. “Terkait sampah ini nanti ingin ada di TPS itu selesai,” katanya.

Ia berharap masalah sampah di Kabupaten Garut menjadi kesadaran masyarakat. Pemerintahan tingkat kelurahan pun ikut berperan menyelesaikan sampah di daerahnya masing-masing.

Menurut dia, upaya yang dapat dilakukan masyarakat maupun kelurahan, yaitu terlebih dahulu memilah-milah sampah organik dan anorganik. “Lurah dan kepala desa jangan diam saja, nanti bisa anggarkan dari ADD,” katanya.

Ia mengungkapkan Pemkab Garut selama ini memiliki program dalam penanggulangan sampah di masyarakat. Namun program itu belum berjalan sesuai harapan. Ia mencontohkan salah satu program yang bisa dilaksanakan masyarakat yakni memanfaatkan sampah yang memiliki nilai jual. “Saya ingin sampah-sampah organik yang anorganiknya dipisah, dimanfaatkan, selanjutnya nanti dijual,” paparnya. (yna)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.