Bupati Diminta Segera Usulkan Dua Nama ke DPRD

Anggota Dewan Beri Deadline Terkait Pengisian Wabup

33

SINGAPARNA – Anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya memberikan deadline kepada Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto terkait proses pengisian wakil bupati (wabup). Mereka meminta pengisian orang nomor dua di Kabupaten Tasikmalaya ini sebelum dilakukan pelantikan anggota dewan terpilih pada Pileg 2019.

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Tasikmalaya dari Fraksi PAN Ucu Mulyadi meminta Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto segera memproses dua kandidat wakil bupati yang sudah diusulkan PAN dan PKS, yakni Deni R Sagara dan Tetep Abdulatip.

“Kami meminta bupati secepatnya mengusulkan dua nama untuk dipilih dewan. Kami mengharapkan sebelum pelantikan anggota dewan terpilih pada Pileg 2019, wakil bupati sudah terisi. Agustus ini harus sudah terisi,” harapnya kepada Radar, Minggu (28/7).

Kata Ucu, alasan ingin secepatnya pemilihan wakil bupati sebelum pelantikan dewan baru, karena anggota dewan sekarang mungkin lebih memahami karakter kandidat yang akan dipilih. Termasuk menyesuaikan dengan kondisi Kabupaten Tasikmalaya saat ini.

“Tapi pada intinya kami mengharapkan wakil bupati segera diisi untuk meningkatkan optimalnya roda pemerintahan yang saat ini mengalami penurunan. Karena bila hanya Bupati saja tidak akan berjalan dengan baik roda pemerintahannya seperti saat ini,” ujarnya.

Menurut Ucu, dirinya yakin ketika jabatan wakil bupati sudah terisi, pelayanan kepada masyarakat dan pengawasan terhadap ASN akan meningkat. “Kalau sekarang kan terkendala. Seperti program-program pun belum berjalan,” katanya.

Terpisah, Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dr H Basuki Rahmat MSi mengatakan, idealnya pelantikan wakil bupati sebelum dilaksanakannya pelantikan anggota dewan baru atau secepatnya dilaksanakan.

“Alasannya harus segera ada pelantikan karena pemerintahan selama ini jadi timpang dengan tidak adanya wakil bupati,” katanya kepada Radar, kemarin.

Menurutnya, keberadaan wakil bupati sangat berpengaruh terhadap berjalannya roda pemerintahan. Karena memiliki fungsi sebagai koordinasi, pengawasan dan pembinaan pegawai.

“Otomatis ketiga fungsi itu tidak dijalankan ketika wakil bupatinya tidak ada dan akan berpengaruh besar terhadap berjalannya roda pemerintahan,” kata Basuki.

Sebelumnya, Dewan Pengurus Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya masih menunggu rekomendasi dari DPP soal usulan dua calon wakil bupati (cawabup), Deni R Sagara dan Tetep Abdulatip.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya H Ade Sugianto mengatakan, untuk proses pengusulan dua cawabup dari PAN dan PKS ke DPRD tinggal satu tahap lagi, yakni menunggu rekomendasi dari DPP.

“Hasil komunikasi kedua cawabup dengan DPD PDIP Jabar sudah diserahkan ke DPP untuk dikeluarkan rekomendasi sebelum diserahkan ke DPRD,” ujarnya kepada Radar, Jumat (26/7).

Kata Ade, informasi yang masuk, bahwa pengurus DPP PDI Perjuangan sedang mengurus rekomendasi kedua calon wakil bupati yang akan diusulkan ke DPRD.

“Kita masih menunggu itu. Alhamdulillah telah melalui tahapan dan mudah-mudahan ada dalam kelancaran, DPC PDIP sampai dengan DPD PDIP kita sepakat, tinggal rekom resmi dari DPP saja,” kata Ade.(ujg/dik)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.