Anggota Dewan Ciamis Periksa Pembangunan RSUD Kawali

135
0
ISTIMEWA MONITORING. Komisi D DPRD Kabupaten Ciamis melakukan pengecekan ke lokasi pembangunan RSUD Kawali Senin (30/11).

CIAMIS – Komisi D DPRD Kabupaten Ciamis melakukan pengecekan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kawali. Ada beberapa catatan dari legislator kepada Pemkab Ciamis dan manajemen RSUD Kawali.

Ketua Komisi D PRD Ciamis Syarif Sutiarsa menjelaskan, pemantauan Komisi D ke RSUD Kawali dalam rangka persiapan RSUD Kawali yang ditargerkan dibuka pada Januari 2021.

Hasil pemanntauan Komisi D, kata Syarif, untuk sumber daya manusia (SDM) dan administrasi dinilai telah memadai, namun infrastruktur justru perlu dibenahi. Bangunan rumah sakit tersebut, kata Syarif, belum selesai sampai sekarang. Ditargetkan bangunan RSUD Kawali tuntas Desember 2020.

Baca juga : PbM-KP Unsil di Sadananya Ciamis, Ini Programnya..

“Saya menyayangkan bila (bangunan RSUD Kawali) sampai tidak tercapai di tahun 2020. Bisa-bisa anggaran yang miliaran bisa jadi Silpa di tahun selanjutnya,” kata Syarif Senin siang (30/11).

Hasil pengawasan lainnya yaitu penataan bangunan RSUD Kawali, kata Syarif, justru kalah dengan rumah sakit swasta. Lahan parkir RSUD Kawali juga, kata Syarif, tidak rata.

Komisi D, kata Syarif, menanyakan kepada pelaksana proyek pembangunan RSUD Kawali soal target pembangunan.

Menurutnya, pelaksana proyek itu mengaku sanggup menuntaskan pembangunan sesuai target Desember 2020.
Syarif mengingatkan Pemkab Ciamis dan manajemen RSUD Kawali agar menuntaskan izin operasional rumah sakit tersebut. Karena sampai Senin (30/11), izin operasional rumah sakit tersebut masih dalam proses.

“Komisi D menginginkan dibuka RSUD Kawali setelah selesai izin operasionalnya,” kata dia berharap.

Direktur RSUD Kawali Yosi Garniwa mengatakan bahwa Komisi D DPRD Ciamis memang meninjau bangunan RSUD Kawali. Diharapkan RSUD Kawali dibuka sesuai instruksi bupati di awal 2021.

Soal bangunan RSUD Kawali, kata Yosi, ditargetkan tuntas Desember 2020. “Harapannya mencapai target semuanya,” kata dia memaparkan.

Terkait lahan parkir, yang tidak rata, kata Yosi, karena rusak oleh truk-truk yang melintasi kawasan tersebut.
“Jadi ada kesanggupan dari pemborong yang sekarang akan perbaiki,” kata dia menjelaskan.

Soal SDM untuk RSUD Kawali, kata dia, memang belum penuh. Jadi sementara ini mendapatkan bantuan dari puskesmas dan dari CPNS. Namun pada prinsipnya bertahap dulu. Nanti setelah berjalan bertambah lagi.

“Kita optimis bisa dibuka tahun 2021 dan berusaha demi pelayanan masyarakat (Ciamis, Red) utara,” kata Yosi optimis. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.