Anggota DPR RI Ini Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Dapil Garut-Tasik

261
0

SINGAPARNA – Gordah Institute Of Demokrasi and Political Education menggelar kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan.

Narasumbernya, Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Kabupaten Garut, Kabupaten/Kota Tasikmalaya, Ferdiansyah SE MM, di Aula Hotel Dewi Asri, Minggu (8/3).

Empat pilar itu diantaranya Pancasila, UUD NRI 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. Seluruh elemen ikut dihadirkan pada kegiatan ini.

Direktur Gordah Institute Of Demokrasi and Political Education, Arif Nurhakim MPd mengungkapkan, kegiatan ini dalam rangka melakukan transformasi ilmu pengetahuan tentang wawasan kebangsaan dan kenegaraan.

Baca juga : 50 Wanita di Padakembang Tasik Dijual Online Rp400 Ribu

“Kali ini kami memberikan materi kepada seluruh elemen masyarakat, dari mulai petani, santri, aktivis, pemuda, guru SD, SMP, SMK, serta kalangan santri, mengenai sosialisasi 4 pilar kebangsaan,” ujarnya kepada Radar.

Sosialisasi 4 pilar ini, kata Arif dinilai sangat penting agar seluruh elemen bangsa dapat memahami secara utuh dan paham untuk bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Pihaknya mengajak Ferdiansyah untuk lebih gencar memberikan transformasi dan pengetahuan tentang 4 pilar kebangsaan ini, karena melihat kondisi saat ini banyak sekali yang mengancam dan memperetak persatuan dan kesatuan bernegara.

“Sehingga sosialisasi 4 pilar ini bisa dijadikan suatu problem solving terhadap munculnya radikalisme, anti NKRI dan anti Pancasila serta perlu diberikan dorongan kepada masyarakat terkait sosialisasi ini,” kata Arif.

Di kabupaten Tasikmalaya ini, Arif menilai, animo masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan seperti ini sangat bagus.

Terlebih tidak sedikit ditopang oleh kegiatan-kegiatan keagamaan pesantren, pasalnya pesantren sering memberikan pemahaman terkait pentingnya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara yaitu harus hidup rukun.

Sehingga, ujar Arif, masyarakat ini sebagai warga negara harus cerdas agar nantinya tahu hak dan kewajiban sebagai warga negara yang taat hukum.

Yakni diantaranya tidak melakukan hal-hal yang menyimpang, karena tidak sedikit terdapat kegiatan yang menyimpang yang dilakukan oleh masyarakat Tasikmalaya yang menyimpang terhadap supremasi hukum.

Banyak kasus-kasus seperti ada kasus orang tua siswa yang membunuh anaknya, ada juga muncul prostitusi online.

Itu disebabkan dengan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap pengetahuan berbangsa dan bernegara.

Dengan demikian, ini perlu di conter dan ini harus bahu-membahu karena tidak bisa juga hanya anggota DPR saja atau wadah institut saja.

Tapi harus semua elemen, baik itu pesantren, karang taruna, maupun lainnya harus satu visi dan misi untuk mencounter hal-hal demikian.

Jadi hari ini, lanjut Arif bagaimana caranya mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam 4 pilar ini dalam kehidupan sehari-hari di wilayahnya masing-masing.

Sementara itu, Ferdiansyah SE MM mengatakan, yang perlu dicermati adalah menyadarkan masyarakat bahwa pancasila itu ideologi negara dan pandangan hidup.

“Apa yang diajarkan oleh pancasila itu sama saja apa yang diajarkan dalam setiap agama yakni kebaikan,” ujarnya.

Kata Ferdy, sosialisasi ini akan meningkatkan kesadaran untuk berbangsa dan bernegara, sehingga tidak mudah terprovokasi diadu domba yang akan melemahkan hubungan hidup di tengah lingkungan perbedaan.

Selain itu juga, untuk memantapkan kembali semangat yang terkandung dalam Pancasila sebagai dasar negara, meningkatkan pemahaman tentang persatuan dan kesatuan dalam NKRI, serta meningkatkan kesadaran hukum dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan memahami nilai-nilai kebangsaan sebagaimana termaktub dalam semangat empat pilar, para tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda di desa-desa, dan seluruh elemen masyarakat bisa meminimalisir konflik yang dapat mengancam perpecahan.

“Harapannya yang telah mengikuti dapat menyampaikan penularan terkait kebaikan apa yang terkandung dalan pancasila dan menjadi jati diri,” ucap Ferdiansyah.

(radika robi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.