Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

4.1%

19.7%

8.1%

68.1%

Anggota DPR RI Komisi X Fraksi PKB & 3 Kementerian Salurkan Ini di Polres Tasikmalaya

145
0

MANGUNREJA – Sebanyak 1.410 paket bantuan langsung berupa makanan siap saji disalurkan oleh 3 Kementerian bersama Komisi X DPR RI, di Mako Polres Tasikmalaya, Rabu (22/7).

Adalah, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Bantuan tersebut diperuntukkan bagi masyarakat terdampak wabah Covid-19.

Khususnya para pelaku usaha pariwisata dan sektor usaha ekonomi kreatif di Kabupaten Tasikmalaya.

Tujuannya, untuk meringankan beban masyarakat agar tetap bersemangat dan bertahan dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari di masa pendemi corona.

Anggota DPR RI Komisi X Fraksi PKB, KH Acep Adang Ruhiat MSi mengatakan, pemberian bantuan langsung makanan siap saji ini atas inisiatif bersama Komisi X DPR RI dengan kementerian terkait sebagai mitra kerja.

“Kami dari Komisi X DPR RI bersama-sama Kemenpora, Kemendikbud dan Kemenparekraf menyalurkan bantuan langsung siap saji atau Balasa, kepada para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif,” jelas Acep kepada wartawan di Mako Polres Tasikmalaya.

Dari inisiatif bersama ini, kata Acep, disepakati bersama-sama Komisi X DPR RI dengan pemerintah melalui kementerian terkait membicarakan bagaimana agar dari postur anggaran yang ada bisa menyisihkan berupa bantuan sebagai kewajiban pemerintah kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

“Sehingga menjadi bagian kesepakatan kami bersama dengan Kementerian terkait untuk bisa berbagi kepada masyarakat,” ujarnya.

“Tidak hanya sembako, juga bantuan langsung makanan siap saji (Balasa) yang menjadi bagian program kementerian terkait,” sambungnya.

Selain bantuan berupa sembako dan makanan siap saji, yang disalurkan di seluruh Indonesia, juga ada pendidikan dan pelatihan.

Kegiatan itu dilaksanakan oleh kementerian terhadap para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk para pemuda.

“Disamping itu juga kementerian membantu pemulihan destinasi wisata yang sempat vakum selama pandemi Covid-19. Kami anggarkan untuk pemulihan setiap destinasi wisata Rp100 juta,” terang dia.

Kebetulan dirinya duduk di Komisi X DPR RI, Acep Adang juga ikut menyalurkan bantuan langsung siap saji bagi masyarakat terdampak Covid-19 baik di daerah pemilihan (Dapilnya) seperti Kota/Kabupaten Tasikmalaya termasuk Garut.

“Termasuk kita juga bagikan 22.600 Alat Pelindung Diri (APD) atau pakaian lengkap bagi tim medis di RSUD SMC untuk penanganan pasien Covid-19,” ujarnya.

“Termasuk dari Menpora berupa masker kita Komisi X ikut menyalurkan, agar masyarakat bisa melaksanakan aktivitas sehari-harinya,” ungkapnya.

PLH Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), I Made Narindra menambahkan, pihaknya ikut berusaha untuk menyampaikan bantuan ini ke seluruh Indonesia, termasuk di Tasikmalaya.

“Diharapkan semua pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa terbantu dengan bantuan ini dan bisa juga terdorong untuk berkarya walaupun kondisinya sulit karena dampak Covid-19,” ungkap dia.

Jadi, kata dia, dengan adanya bantuan ini diharapkan mampu memberikan semangat kepada masyarakat untuk tetap bertahan dan terus berkreasi, tidak patah semangat.

“Artinya pemerintah hadir disetiap kondisi yang tidak nyaman ini. Mereka diharapkan untuk bisa terus berkarya,” kata dia.

Adapun bantuannya, tambah dia, berupa bantuan langsung siap saji berupa beras, gula, makanan instan yang cukup lama bisa disimpan dan dikonsumsi.

“Pariwisata itu kan DNA-nya adalah orang bergerak. Ketika pemerintah memutuskan untuk PSBB, sehingga tidak banyak orang mengunjungi daerah wisata. Otomatis mereka yang bergerak di sektor wisata dan ekonomi kreatif terdampak. Kawasan wisata sekarang dibuka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” benernya.

(diki setiawan)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.