Anggota Linmas Kota Tasikmalaya Digembleng Bimtek THL

320
0
Firgiawan / Radar Tasikmalaya DILATIH. Anggota Satlinmas dilatih fisik saat mengikuti Bimbingan Teknis Tenaga Harian Lepas Satpol PP dan Damkar Kota Tasikmalaya Senin (4/12).

MANGKUBUMI – Sebanyak 100 anggota Satuan Linmas mengikuti bimbingan teknis tenaga harian lepas (Bimtek THL) yang diselenggarakan Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Tasikmalaya di Hotel Pajajaran Senin (4/12).
Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Tasikmalaya Ahmad Ghani menjelaskan bimtek dibagi dua gelombang. Sebanyak 50 mengikuti pelatihan dari Senin hingga Rabu. Sisanya akan berlatih Kamis sampai dengan Sabtu.
“Di lapangan tetap harus bertugas, maka kita bagi dua. Apalagi di beberapa titik yang baru ditertibkan harus terus diawasi,” ujarnya di sela bimtek kemarin.
Materi yang diberikan tidak hanya fisik agar kondisi personel tetap prima di lapangan. Namun pembekalan materi dari Bagian Hukum Setda, pelatihan bela negara dari TNI, pengendalian masyarakat dari Polri serta pembekalan standard operation procedure Satpol PP dan Linmas.
“Hal-hal yang bersentuhan dengan mereka di lapangan terutama dalam membantu penegakan perda harus dipahami. Sehingga saat di lapangan tidak cuma mengobrol dan bermain smartphone,” tuturnya.
Kepala Seksi Operasi dan Penindakan Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Tasikmalaya Sandi A Sugih menambahkan materi lain yang menunjang tugas mereka di lapangan juga diberikan. Mulai dari pertolongan pertama pada kecelakaan (P3K) dari PMI, baris-berbaris serta penanganan kebakaran dari Damkar.
“Ini belum seberapa dengan pendidikan dan pelatihan yang diikuti anggota Satpol PP. Namun diharapkan mereka tidak terlalu blank saat mengerjakan tugas dan fungsinya di lapangan, saat tidak ada gangguan ketertiban dan ketenteraman,” kata dia. (igi)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.