Anggota TNI Disiagakan untuk Atasi Bencana di Wilayah Garut

13

GARUT KOTA – Memasuki musim penghujan, Kodim 0611 Garut bersiaga menghadapi ancaman bencana di wilayah Kabupaten Garut. Hal tersebut diutarakan Komandan Kodim 0611 Garut Letkol Inf Asyraf Aziz.

“Kami sudah mengumpulkan seluruh jajaran untuk waspada terhadap potensi bencana ketika memasuki musim penghujan ini,” ujar dia kepada wartawan di Makodim Garut Kamis (6/12).

Langkah antisipasi dilakukan karena wilayah Kabupaten Garut rawan bencana, seperti banjir, longsor dan pergerakan tanah. Bencana ini bisa terjadi tiba-tiba ketika datangnya musim penghujan.

“Wilayah yang paling rawan itu wilayah selatan Garut. Jadi kami antisipasi dari sekarang, sehingga ketika bencana tidak ada korban jiwa,” terangnya.

Asyraf menerangkan saat ini beberapa bencana alam seperti longsor dan pergerakan tanah mulai terjadi. Maka dari itu, pihaknya sudah menugaskan anggotanya siaga 24 jam.

“Terus kita monitor setiap perkembangan situasi, khususnya ketika turun hujan,” katanya.

Pihaknya juga sudah memerintahkan seluruh Babinsa di seluruh desa melaporkan situasi setiap wilayahnya.

“Para Babinsa ini akan langsung bergerak ke wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi longsor untuk mengevakuasi ke masyarakat ke lokasi yang dianggap aman,” ujarnya.

Saat ini, pihaknya sudah memetakan wilayah mana saja yang rawan terjadi bencana. Hal itu untuk memudahkan anggota untuk memberikan imbauan kepada warga yang tinggal di daerah rawan bencana.

“Kita juga senantiasa melakukan koordinasi dengan unsur terkait tentang penyiapan sarana dan prasarana untuk mengatasi bencana alam ini,” paparnya. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.