Angin Kencang Menerjang Wilayah Perkotaan

4
ANGIN KENCANG. Kios milik pedagang rusak diterjang angin kencang Senin siang (8/10). Foto kanan, angin kencang juga merusak atap rumah warga di beberapa lokasi. (Yana Taryana / radartasikmalaya.com)

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

GARUT KOTA – Angin kencang melanda wilayah perkotaan Kabupaten Garut Senin siang (8/10). Akibatnya, beberapa atap rumah dan puluhan kios di wilayah Kecamatan Garut Kota mengalami kerusakan.

“Hanya atap rumah dan kios saja. Kerusakannya juga tidak terlalu parah,” ujar Kepala Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Dadi Djakaria kepada wartawan Senin (8/10).

Menurut dia, angin kencang terjadi sekitar pukul 12.00. Saat kejadian, cuaca di Garut sangat cerah. Angin tiba-tiba datang dan menghantam sejumlah bangunan.

“Hanya kerusakan ringan saja. Ada tiga rumah yang rusak, dua kios, satu kandang kambing dan satu tempat pemancingan yang rusak,” terangnya.

Angin kencang, kata dia, bergerak dari timur ke barat dengan kecepatan tinggi.

“Atap rumah yang rusak ini terjadi di Kampung Kaum Lebak, Kelurahan Paminggir, Kecamatan Garut Kota dan kawasan Alun-Alun Garut,” terangnya.

Dadi menerangkan tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. “Angin kencang yang terjadi karena adanya pemanasan yang cukup intensif sehingga menimbulkan tekanan udara. Cakupan angin tak sampai satu sampai dua kilometer,” terangnya.

Dihubungi terpisah, Komandan Koramil Garut Kota Kapten Inf Damo menambahkan hasil peninjauan di lapangan hanya satu kelurahan daerah yang terdampak angin puting beliung.

Angin tersebut, kata dia, merusak bagian atap rumah, gerobak bahkan kandang ternak dan tempat pemancingan milik warga.

“Untuk korban jiwa tidak ada, informasi yang kita terima hanya kerugian materi saja,” katanya. (yna)

loading...