Angin Puting Beliung Hancurkan Belasan Rumah di Ciamis

63
0
foto-foto: ISTIMEWA TUMBANG. Banyak pohon tumbang menimpa rumah warga di beberapa kecamatan karena angin kencang yang terjadi pada Selasa (19/1).
Loading...

CIAMIS – Angin kencang yang menerjang Kabupaten Ciamis mengakibatkan belasan rumah rusak di lima kecamatan, Selasa (19/1). Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, melainkan hanya menumbangkan pohon dan menimpa rumah-rumah milik warga.

Lima kecamatan yang terkena dampk angin kencang yakni Sukamantri, Panawangan, Sindangkasih, Rancah dan Tambaksari. Hal itu diungkapkan Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya kepada Radar, kemarin.

Kata dia, memang angin kencang ini tidak disertai hujan, bahkan cuaca cenderung cerah. Tapi, dampaknya cukup dirasakan masyarakat, apalagi yang di sekitar rumahnya terdapat pohon. Pohon-pohon tersebut tidak mampu menahan kencangnya angin, sehingga tumbanh dan menimpa rumah milik warga.

Baca juga : Perda Parkir Berlangganan di Ciamis Ditolak Pemprov Jabar

“Kami terus mendapatkan laporan bangunan rusak akibat angin kencang. Selain belasan rumah, Kantor Kecamatan Sukamantri tertimpa tower radio, tapi hanya bagian atapnya saja dan tidak terlalu parah,” ujarnya, menjelaskan.

loading...

Upaya yang dilakukan, kata dia, melakukan evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah secara gotong royong bersama masyarakat.

“Beruntung dalam kejadian ini tidak sampai ada korban jiwa, hanya kerugian materil saja,” paparnya
Menyikapi cuaca seperti ini, kata dia, Tagana mengimbau masyarakat yang dekat rumahnya terdapt pohon untuk segera ditebang, apabila kondisinya sudah mulai rapuh dan rawan tumbang.

Hal itu dilakukan untuk antisipasi jika cuaca atau angin kencang ini kembali terjadi.

“Kalau tidak ditebang, ranting-rantingnya yang sudah rapuh dan panjang bisa dilakukan pemotongan atau penjarangan,” katanya.

Data yang masuk, kata dia, sampai siang hari Tagana menerima laporan rumah rusak akibat angin kencang sebanyk 11 unit di beberapa kecamatan. Pihaknya terus menyisir apabila masih ada rumah yang terkena dampak, tapi belum sempat dilaporkan. (isr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.