Siapa calon Bupati Tasikmalaya pilihan anda?

0.2%

2.4%

54.3%

6.9%

0.7%

13%

0%

22.4%

0%

Angin Rusak Rumah dan Ruko

16
0
RUSAK. Hujan deras dan angin kencang telah menyebabkan pohon tumbang dan kanopi ruko di Jalan Jenderal Sudirman rusak, Senin (2/12). Pohon tumbang telah merusak rumah di Kecamatan Sadananya. IMAN S RAHMAN / RADAR TASIKMALAYA

CIAMIS – Hujan lebat disertai angin kencang yang melanda Ciamis dan sekitarnya, Senin (2/12) sore, telah menyebabkan rumah dan belasan ruko rusak. Bangunan-bangunan yang rusak itu berada di Kecamatan Ciamis dan Sadananya.

Berdasarkan data yang dihimpun Taruna Siaga Bencana (Tagana) Ciamis, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun, tiga rumah dan 11 ruko rusak. Rumah-rumah di Sadananya tertimpa pohon. Adapun 11 ruko di Jalan Jenderal Sudirman, kanopinya rusak.

Pengakuan Ujang (30), penunggu ruko di Jalan Jenderal Sudirman menjelaskan kemarin sore, angin kencang. Lalu turun hujan. Lebat. Angin menyapu kanopi hingga ketarik ke atas kemudian terhempas.

“Saya cukup kaget sekali, karena hantamannya cukup keras, sehingga saya bergegas masuk ke dalam ruko,” ujarnya.

Akibat hujan deras dan angin kencang, banner di halaman Polres Ciamis menimpa dua mobil patroli. Sedangkan di Jalan Cikoneng, pohon roboh menimpa jalan raya, sehingga sempat terjadi kemacetan.

Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Ade Waluya berdasarkan laporan sementara, pohon sawo tumbang menimpa rumah milik  H Lili (45) di Lingkungan Karangsari Kelurahan Maleber Kecamatan/Kabupaten Ciamis.

Masih di Kecamatan Sadananya, dua rumah tertimpa pohon Albasiah dan tanah longsor menimpa rumah Maman dan Unju.

“Beruntung dari semua laporan yang kami terima tidak ada korban jiwa. Semua selamat,” ujarnya.

“Upaya kami saat ini tengah melakukan upaya penanggulangan dengan menerjunkan anggota, mengevakuasi pohon tumbang,” tambahnya.

Ade mengimbau masyarakat bahwa saat ini Kabupaten Ciamis sudah mulai masuk musim hujan disertai angin kencang. Untuk itu, masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan. “Karena angin kencang bisa secara tiba-tiba langsung menghempas,” ujarnya. (isr)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.