Angkutan Online Roda Empat Wajib Berizin

95
Drs H Budi Budiman

Siapa Presiden Pilihan Mu ?

TASIK – Untuk menepati janjinya saat audiensi dengan awak transportasi online di Bale Kota Tasikmalaya pada Senin (29/1). Wali Kota Tasikmalaya Drs H Budi Budiman kembali menerbitkan surat edaran tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

Dalam surat edaran bernomor 551.21/297/Dishub/2018 itu tertuang enam poin, yang pada intinya sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, pengemudi angkutan berbasis aplikasi merupakan bagian dari kegiatan usaha yang diwajibkan memiliki izin. Dan hanya berlaku bagi kendaraan roda empat.

“Ini janji Pak Wali saat memberi kejelasan terhadap masyarakat yang melakukan audiensi Senin lalu. Angkutan online roda empat baru bisa mengurus izin mulai besok (hari ini, Red),” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tasikmalaya H Aay Zaini Dahlan ATd saat dihubungi Radar, Rabu (31/1).

Kemudian, kata dia, bagi penyelenggara angkutan online yang saat ini masih aktif melayani jasa transportasi, ditegaskannya agar segera memproses perizinan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. “Dan untuk sementara tidak melakukan kegiatan atau menghentikan kegiatan usahanya sampai izin tersebut diperoleh,” jelasnya.

Aay menjelaskan di poin terakhir surat edaran yang ditandatangani 31 Januari 2018 tersebut, disebutkan penyelenggara usaha jasa transportasi harus memperhatikan kenyamanan, keamanan dan keselamatan pengguna jasa serta ketenteraman dan ketertiban umum. Pihaknya mulai bergerak dalam menindaklanjuti surat edaran itu, hanya saja baru melakukan langkah persuasif. “Besok kami terlebih dahulu melakukan upaya persuasif dengan menginformasikan ke berbagai pihak. Ke arah tindakan, kita belum. Hanya saja apabila ada yang terlihat pengemudi berbasis aplikasi akan kami data dan diminta untuk tidak beroperasi sebelum mengantongi izin,” papar dia. (igi)

loading...