Anies Baswedan Pose 2 Jari! 19 Kepala Daerah di Sumatera Malah Deklarasi Dukung Jokowi, Cek Tanggapan Bawaslu

74

 JAKARTA— Gubernur DKI Anies Baswedan pose 2 jari di acara Gerindra dan sudah diperiksa Bawaslu. Bagaimana dengan 19 kepala daerah di Sumbar dan Riau yang deklarasi dukung Jokowi.

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau memutuskan sembilan Kepala Daerah yang terlibat Deklarasi Pro-Jokowi (Projo) tanggal 10 Oktober 2018 di Pekanbaru tidak tidak memenuhi unsur pidana alias tidak bersalah

“Keputusan tidak terpenuhinya unsur pidana Pemilu ini diambil berdasarkan rapat sentra Gakkumdu Bawaslu Provinsi Riau yang digelar alot selama tujuh jam,” kata Ketua Bawaslu Riau Rusidi Rusdan di Pekanbaru, November lalu.

Rusidi menjelaskan secara hukum pidana apa yang dilakukan oleh sembilan kepala daerah yakni Bupati Siak (Syamsuar), Bupati Kampar (Aziz Zaenal), Wali Kota Pekanbaru (Firdaus) dan Bupati Rokan Hulu (Sukiman).

Kemudian Bupati Bengkalis (Amril Mukminin), Bupati Kuansing (Mursini), Bupati Indragiri Hilir (Wardan), Bupati Rokan Hilir (Suyatno), Walikota Dumai (Zulkifli) dan Bupati Kepulauan Meranti (Irwan Nasir), namun tidak terbukti.

“Rapat menghasilkan putusan tidak terpenuhinya unsur pidana terhadap sembilan Kepala daerah terkait Deklarasi dukung Jokowi,” ujarnya.

Namun sebut Rusidi secara Peraturan Perundang undangan No 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah, ke sembilan kepala daerah tersebut terbukti melanggar sehingga direkomendasikan Kementerian Dalam Negeri RI untuk diberi sanksi.

Sementara di Sumatera Barat (Sumbar), 10 kepala daerah juga melakukan deklarasi dukung Jokowi. Dukungan itu diberikan karena keberhasilan dan perhatian Jokowi ke Sumatera Barat dinilai besar.

Pernyataan dukungan tersebut dilakukan di Hotel Ina Muara Padang, Selasa (18/9/2018). Sebanyak 10 kepala daerah yang memberikan dukungan adalah Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Wali Kota Solok Zul Elfian, Bupati Solok Gusmal, Bupati Sijunjung Yuswir Arifin.

Kemudian Bupati Pesisir Selatan Hendra Joni, Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi, Bupati Pasaman Yusuf Lubis, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Bupati Mentawai Yudas dan Wali Kota Bukittinggi Ramlan.

Bupati Tanah Datar, Bupati Solok, Bupati Mentawai dan Wali Kota Bukittinggi tidak hadir.

“Kami Wali Kota dan Bupati memberikan pernyataan dukungan kepada bapak presiden Joko Widodo. Kami kepala daerah merasakan pembangunan untuk Sumatera Barat dan Indonesia umumnya. Kami ingin bapak Presiden Joko Widodo untuk melanjutkanya, ” ujar Bupati Dharmasraya Sutan Riska, Selasa (18/9/2018).

Bupati Sijunjung Yuswir Arifin mengatakan sangat merasakan dukungan dari pemerintah pusat terhadap pembangunan daerahnya.
“APBD kita terbatas dan kita sangat membutuhkan bantuan pusat, “ujar Yuswir Arifin.

Bupati Pasaman Yusuf Lubis menyebutkan perhatian Joko Widodo ke daerahnya adalah adanya pembangunan di nagari-nagari.

“Pak Presiden sangat serius untuk pembangunan itu. Dia tidak mau main-main,” katanya.

(ral/int/pojokjabar)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.