Antisipasi Adu Domba Antaretnis

26
0
WAWASAN KEBANGSAAN. Narasumber menyampaikan materi tentang wawasan kebangsaan kepada masyarakat, Selasa (26/11). Rangga Jatnika / Radar Tasikmalaya

CIHIDEUNG – Keberagaman etnis dan agama Tasikmalaya membuat masyarakat rentan didera perpecahan. Maka, perlu penguatan ideologi Pancasila dan keagamaan untuk menjaga kerukunan.

Kesbangpol Kota Tasikmalaya pun mengumpulkan 60 tokoh perwakilan dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) dalam sosialisasi wawasan kebangsaan. Mereka diingatkan soal ancaman yang berpotensi merusak keutuhan masyarakat.

Kasi Dikpol Kantor Kesbangpol Kota Tasikmalaya H Giman Sugiaman menyebutkan bahwa FKUB dan FPK merupakan salah satu simpul tokoh yang punya pengaruh di masyarakat. Maka dari itu, pihaknya mengajak mereka untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan di masyarakat. “Mereka kan lintas agama, jadi diharapkan bisa meneruskan ke masyarakat di sekitarnya,” ujarnya.

Ada pun poin-poin ancaman yang disoroti dalam pertemuan tersebut yakni paham yang merusak Pancasila, narkoba dan adu domba antaretnis.

Pada kesempatan tersebut hadir Kasdim 0612/Tasikmalaya Mayor Inf Chandra Suhendra yang memaparkan nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa. Salah satu yang harus dikedepankan yakni kerukunan dan saling menghargai. “Kita harus bersama-sama menjaga nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Sejurus dengan itu, Kepala BNN H Tuteng Budiman menyebutkan narkoba merupakan salah satu ancaman untuk bangsa Indonesia, termasuk Kota Tasikmalaya. Karena efek dari narkoba itu merusak fisik dan mental masyarakat sehingga melemahkan sumber daya manusia (SDM). “Saat ini negara kita menjadi salah satu target utama penyebaran narkoba,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, akademisi Dr Ade Zaenul MAg menyebutkan bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang melimpah. Hal ini membuat bangsa asing ingin melemahkan negara ini, termasuk Kota Tasikmalaya. “Karena Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara maju dan besar dengan sumber daya alam yang dimiliki,” katanya. (rga)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.