Antisipasi Corona, 288 Warga Binaan di Kota Banjar Dicek Kesehatan

147
0
DIPERIKSA. Kalapas Banjar Bawono Ika memantau jalannya pemeriksaan kesehatan warga binaan oleh petugas Puskesmas Pataruman Kamis (19/3). cecep herdi / radar tasikmalaya
DIPERIKSA. Kalapas Banjar Bawono Ika memantau jalannya pemeriksaan kesehatan warga binaan oleh petugas Puskesmas Pataruman Kamis (19/3). cecep herdi / radar tasikmalaya

ANTISIPASI penyebaran Covid-19 juga dilakukan di Lembaga Pemasyarakatan Kota Banjar. Sebanyak 288 warga binaan dicek kesehatan oleh dua petugas dari Puskesmas Pataruman.

Kepala Lapas Kota Banjar Bawono Ika mengatakan situasi di Lapas sangat rentan terkena sebaran virus, sehingga pihaknya harus lebih ekstra melakukan pencegahan.

“Selain melakukan pemeriksaan kesehatan di empat blok ruang binaan, kami juga sudah menyiapkan ruang karantina yang memuat sekitar sepuluh orang,” kata Bawono Ika Kamis (19/3).

Menurut dia, sejauh ini belum ada warga binaan yang mengalami keluhan seperti terpapar Covid-19. “Belum ada yang mengalami keluhan,” ungkapnya.

Baca Juga : Shalat Jumatan di Masjid Agung Kota Banjar Tetap Dilaksanakan

Terapkan Semi Lockdown

Pihaknya juga mengaku menerapkan semi lockdown di Lapas Kota Banjar. Semi lockdown dilakukan dengan menutup sementara kegiatan kunjungan dari keluarga warga binaan.

Loading...

Keputusan itu mulai diterapkan sejak 17 Maret dan akan berlangsung sampai 31 Maret 2020. Namun, katanya, penutupan sementara kegiatan kunjungan terhadap warga binaan bisa diperpanjang tergantung situasi dan kondisi status serangan wabah Covid-19.

“Dari tanggal 17 sampai tanggal 31 Maret sudah disampaikan kepada seluruh warga binaan kunjungan ditiadakan untuk mengantisipasi dan menanggulangi paparan covid-19. Sementara untuk komunikasi keluarga dengan warga binaan dilakukan dengan cara video call dari,” katanya.

Selain warga binaan, pihak Lapas telah menyemprotkan cairan disinfektan di seluruh ruang Lapas. Kemudian petugas Lapas juga diharuskan rutin mencucii tangan dan menggunakan hand sanitizer yang sudah disiapkan di beberapa titik ruangan. (cep)

Loading...
loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.