Antisipasi Cuaca Ekstrem URC Diterjunkan 

21

TAWANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya melepas tim bantuan bencana alam Unit Reaksi Cepat (URC) Satgas Relawan Penanggulangan Bencana (PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Selasa (19/2).

Tim URC yang terdiri dari para anggota Satgas Relawan PB itu akan memberikan bantuan darurat kepada masyarakat yang terdampak bencana pohon tumbang akibat angin kencang dan puting beliung. “Bencana itu tidak bisa diprediksi, terjadi bisa kapan dan dimana saja, sementara kita hanya bisa melakukan penyelamatan diri agar dapat selamat,” ucap Wakil Wali Kota Tasikmalaya H Muhammad Yusuf di sela pelepasan.

Menurutnya, dalam situasi bencana, semua pihak termasuk masyarakat ikut berperan dan wajib membantu sesama ketika terjadi musibah dan bencana. Di samping itu, BPBD harus proaktif dalam membantu masyarakat yang terkena bencana. “Tim Satgas URC ini bagian tim inti BPBD yang bergerak cepat untuk melakukan pertolongan dan bantuan bagi masyarakat yang menjadi korban bencana alam,” ujar dia.

Yusuf menceritakan beberapa waktu lalu terjadi bencana puting beliung disertai angin kencang sehingga banyak pohon yang tumbang dan menimpa rumah warga. Lokasinya di antaranya di Kampung Leuwigoong dan Cidarendang Kecamatan Tamansari. “Saat itu juga tim reaksi cepat langsung ke lokasi dan langsung membantu korban yang rumahnya rusak dan roboh akibat tertimpa pohon,” tutur Yusuf.

Di sisi lain, dia meminta masyarakat mewaspadai cuaca tidak bersahabat. Sebisa mungkin, warga menghindari lokasi yang rentan bencana alam. (igi)

loading...
BERBAGI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.