Hanya untuk Warga Kabupaten Tasik
SIAPA BUPATI & WAKIL BUPATI PILIHAN ANDA?

3.2%

19.8%

7.3%

69.7%

Antisipasi Kemacetan saat Libur Natal dan Tahun Baru Lakukan Kanalisasi di Jalur Limbangan

24
0
PANTAU. Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi bersama Kasat Lantas Polres Garut AKP Asep Nugraha memantau arus lalu lintas Senin (16/12). Yana Taryana / Rakyat Garut

LIMBANGAN – Mengantisipasi kemacetan selama libur Natal dan Tahun Baru, polisi akan melakukan kanalisasi di Jalan Limbangan, terutama di depan Pasar Limbangan yang jadi titik kemacetan.

“Kanalisasi dinilai efektif untuk mengurai kemacetan di wilayah Limbangan. Kami juga akan berupaya supaya delman di wilayah ini tak beroperasi,” ujar Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Eddy Djunaedi saat meninjau jalur selatan di Pasar Limbangan Senin (16/12).

Menurut dia, rekayasa lalu lintas yang dilakukan karena pihaknya memprediksi akan ada peningkatan kendaraan selama libur Natal dan Tahun Baru. “Kanalisasi ini efektif karena sudah dicoba saat arus mudik,” katanya.

Selain kanalisasi, pihaknya juga akan menempatnya anggotanya untuk menjaga di depan Pasar Limbangan. Hal itu karena kendala di jalur tersebut yakni adanya aktivitas pasar tumpah yang memakan hingga badan jalan.

“Kami akan menyiapkan personel yang berjaga di lokasi untuk menyebrangkan warga. Jadi warga yang akan menyebrang, dikumpulkan di satu titik. Nanti petugas akan membantu menyebrangkan. Biar tidak menyebar dan membuat kemacetan,” ujarnya.

Selain Pasar Limbangan, kemacetan juga diprediksi terjadi di Pasar Lewo dan Pasar Malangbong. Truk yang akan melintas jalur se­latan juga akan dibatasi. “Nanti kami koordinasi dengan pihak terkait untuk pem­batasan ope­rasional truk,” ucapnya.

Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Fer­diansyah me­nuturkan sebanyak 2.100 personel gabungan disiapkan selama libur Natal dan Tahun Baru. Garut sebagai daerah tujuan wisata diprediksi akan dipenuhi wisatawan. “Pengamanan di tempat wisata jadi prioritas juga. Perlu ada kerja sama dengan Dishub dan institusi terkait untuk kelancaran masa liburan,” ujarnya

Pihaknya juga akan melakukan one way jika terjadi kemacetan lebih dari lima kilometer. Termasuk di Jalan Kadungora hingga Tarogong. (yna)

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.